Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Tekanan Zat dengan Metode Pembelajaran Mind Mapping di MTsN 6 Kuta Baro Aceh Timur

Putriana, 170204021 (2021) Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Tekanan Zat dengan Metode Pembelajaran Mind Mapping di MTsN 6 Kuta Baro Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Tekanan Zat dengan Metode Pembelajaran Mind Mapping di MTsN 6 Kuta Baro Aceh Timur]
Preview
Text (Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Tekanan Zat dengan Metode Pembelajaran Mind Mapping di MTsN 6 Kuta Baro Aceh Timur)
Putriana, 170204021, FTK, PFS, 081375907646.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang masih dianggap sulit untuk dipahami oleh peserta didik, sehingga penguasaan konsep peserta didik dalam proses pembelajaran masih sangat kurang yang menyebabkan rendahnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar peserta didik pada materi tekanan zat dengan metode pembelajaran Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode Pre-Experimental (One Group Pretest-Posttest Design). Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 6 Kuta Baro Aceh Timur kelas VIII-3 dengan jumlah sampel 20 orang peserta didik, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji N-gain untuk hasil belajar dan persentase untuk kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas dan hasil belajar peserta didik pada materi tekanan zat dengan metode pembelajaran Mind Mapping. Peningkatan kreativitas peserta didik kelas VIII-3 dalam membuat Mind Mapping termasuk dalam kategori kriteria sangat baik, dari pertemuan pertama 10%, pertemuan kedua 35%, dan pertemuan ketiga 50%. Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII-3 berdasarkan uji N-gain berada pada kategori sedang yaitu 0,7 ˃ 0,45 ˃ 0,3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Hasil Belajar, Mind Mapping
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Putriana Putriana
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:32
Last Modified: 21 Feb 2022 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19909

Actions (login required)

View Item
View Item