Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran Di Smp Negeri 1 Simpang Ulim

Saifiyaturrahmah, 170204008 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran Di Smp Negeri 1 Simpang Ulim. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran Di Smp Negeri 1 Simpang Ulim]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran Di Smp Negeri 1 Simpang Ulim)
Saifiyaturrahmah, 170204008, FTK, PFS, 085361193985.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Simpang Ulim diperoleh permasalahan yang mendasar yaitu kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis eksperimen untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada materi getaran di SMP Negeri 1 Simpang Ulim dan mengetahui hasil observasinya. Aktivitas peserta didik diamati melalui aspek pelaksanaan (P), reaksi (R) dan keaktifan (K). Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kuntitatif yang melibatkan kelas VIII/1 sebagai kelas kontrol dan VIII/2 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Lembar observasi divalidasi oleh pakar pendidikan, dan pakar bimbingan konseling. Hasil pengamatan diperoleh dari tiga orang observer melalui lembar observasi, yang dianalisis menggunakan rumus presentase. Pada kelas eksperimen skor nilai rata-rata untuk P = 89%, R = 89% dan K = 84% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan pada kelas kontrol skor nilai rata-rata untuk P = 53%, R = 55% dan K = 51% dengan kategori kurang aktif. Berdasarkan nilai rata-rata dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada materi getaran di SMP Negeri 1 Simpang Ulim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Eksperimen, Aktivitas Belajar Lembar Observasi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Saifiyaturrahmah Saifiyaturrahmah
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:32
Last Modified: 21 Feb 2022 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19917

Actions (login required)

View Item
View Item