Penurunan Miskonsepsi dalam Memahami Konsep Matematika Melalui Strategi Scaffolding.

Yana Mestika, 150205078 (2021) Penurunan Miskonsepsi dalam Memahami Konsep Matematika Melalui Strategi Scaffolding. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penurunan Miskonsepsi dalam Memahami Konsep Matematika Melalui Strategi Scaffolding.]
Preview
Text (Penurunan Miskonsepsi dalam Memahami Konsep Matematika Melalui Strategi Scaffolding.)
Yana Mestika, 150205078, FTK, PMA, 082276522086.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi matematis merupakan kesalahpahaman awal siswa terhadap suatu konsep tertentu yang tidak akurat atau tidak sejalan dengan pengertian yang diterima secara umum. Kenyataannya, miskonsepsi siswa kelas VIII SMPN 1 Samadua sangat tinggi. Sehingga diperlukan sebuah strategi yang dapat menurunkan miskonsepsi. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi melalui bantuan guru untuk menurunkan miskonsepsi siswa melalui strategi Scaffolding, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penurunan miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas VIII melalui penarapan strategi Scaffolding. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek dalam penelitian adalah dua orang siswa kelas VIII SMPN 1 Samadua yang dipilih berdasarkan hasil tes dalam penjaringan subjek dengan miskonsepsi tinggi. Pengumpulan data dilakukan melalui soal tes, pedoman wawancara, alat perekam dan Certainty of Response Index (CRI). Selanjutnya analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, melakukan triangulasi waktu dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penurunan miskonsepsi dalam memahami konsep matematika melalui strategi scaffolding tergantung pada pemahaman awal siswa. Siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi persamaan linear satu variabel sering terjadi pada saat mengubah soal cerita kedalam bentuk model matematika, pindah ruas, penyederhanaan serta menentukan nilai variabel pada saat operasi. Sehingga membutuhkan intervensi berulang dan pemberian cheking. Sehingga setelah diberikan bantuan yang dinamakan dengan strategi scaffolding tersebut, miskonsepsi yang terjadi pada siswa tersebut mengalami penurunan. Penurunan miskonsepsi juga dilihat dari hasil CRI yang telah diberikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim. M.Pd Pembimbing II : Khusnul Safrina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, CRI, Strategi Scaffolding.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yana Mestika
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:37
Last Modified: 21 Feb 2022 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19918

Actions (login required)

View Item
View Item