Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring di SMPN 3 Bukit Bener Meriah

Khairun Nisa, 170201110 (2021) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring di SMPN 3 Bukit Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Berbasis Daring]
Preview
Text (Pembelajaran Berbasis Daring)
Kairun Nisa, 170201110, FTK, PAI, 082283461498.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda Indonesia dan dunia diakhir tahun 2019 hingga saat ini tahun 2021 yang memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dengan munculnya wabah ini sehingga memaksa pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang proses pembelajaran di Indonesia harus dilaksanakan secara daring atau belajar dari rumah. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan kendala yang dialami oleh guru dan peserta didik pada saat proses pembelajaran daring berlangsung. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian fenomenologi yang menggambarkan segala bentuk tindakan dan fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis daring di SMPN 3 Bukit Kabupaten Bener Meriah jika dilihat dari pernyataan wakil kepala sekolah SMPN 3 Bukit peserta didiknya telah mencapai nilai standar KKM pada proses pembelajaran berbasis daring. Adapun pencapaian nilai peserta didik tersebut tidak diberikan begitu saja. Dimana pihak sekolah betul - betul memikirkan solusi lain untuk membantu nilai peserta didik dalam proses belajar secara daring menggunakan aplikasi whatsApp yang dibarengi dengan pembuatan modul pembelajaran yang sudah berisi bahan bacaan, contoh soal dan tugas-tugas yang harus disiapkan oleh peserta didik dan dikumpulkan pada waktu yang sudah ditetapkan. Namun jika dilihat dari kendala atau masalah yang dihadapi oleh guru dan peserta didik proses pembelajaran berbasis daring tersebut masih tidak efektif dan masih harus ditingkatkan lagi kedepannya terkait dengan kemampuan dalam menggunakan media daring (dalam jaringan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khairun Nisa Nisa
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:39
Last Modified: 21 Feb 2022 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19919

Actions (login required)

View Item
View Item