Konsep Diri Ditinjau dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Nurul Hidayati, 160901006 (2021) Konsep Diri Ditinjau dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Konsep Diri Ditinjau dari Jenis Kelamin]
Preview
Text (Konsep Diri Ditinjau dari Jenis Kelamin)
Nurul Hidayati, 160901006, FPSI, PSI, 081263681253.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Memiliki konsep diri yang baik merupakan hal yang penting bagi setiap mahasiswa di universitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedan konsep diri pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Uin Ar Raniry. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel berdasarkan teknik. kuota sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 88 subjek yang terdiri dari 36 mahasiswa laki-laki dan 52 mahasiswa perempuan penelitian menggunakan skala konsep diri dengan Dengan nilai rix = 0,906. Nilai mean mahasiswa laki-laki (Mean =78,4; SD =5,7) dan mahasiswa perempuan (Mean =84,6; SD =8,1) di fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Perbedaan tersebut mengindikasikan bahwa konsep diri pada mahasiswa laki-laki cenderung lebih rendah dibandingkan dengan mahasiswa perempuan. Dengan kata lain kecenderungan konsep diri pada mahasiswa perempuan lebih tinggi dibandingkan mahasiswa laki-laki. Nilai uji independent samples t-test yaitu 1,378 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,05), yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara konsep diri mahasiswa laki-laki dan perempuan pada mahasiswa baru fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nurul Hidayati Nurul
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:08
Last Modified: 22 Feb 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19924

Actions (login required)

View Item
View Item