Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran PKn di MIN 26 Aceh Selatan

Maisarah, 170209068 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran PKn di MIN 26 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran PKn di MIN 26 Aceh Selatan.]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran PKn di MIN 26 Aceh Selatan.)
Maisarah, 170209068, FTK, PGMI, 082317537443.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan belajar yang terjadi di MIN 26 Aceh Selatan, adalah kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran PKn yang menerapkan model word square dan peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran PKn setelah menerapkan model pembelajaran word square. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn yang menerapkan model word square, dan mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran PKn setelah menerapkan model word square. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 26 Aceh Selatan sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan lembar angket berbentuk skala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I (83,33) termasuk dalam kriteria baik, pada siklus II kemampuan guru menjadi meningkat menjadi (91,66) dalam kriteria sangat baik. Hasil observasi aktvitas siswa pada siklus I mencapai (85) dalam kriteria baik, pada siklus II kemampuan siswa menjadi meningkat menjadi (95) dalam kriteria sangat baik. Sedangkan pencapaian minat belajar siswa pada siklus I mencapai (75,93) dalam kriteria tinggi, sedangkan pada siklus II minat belajar siswa meningkat mencapai (89,68) dalam kriteria sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran word square dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PKn di MIN 26 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Realita, S.Ag, M.Ag Pembimbing 2 : Darmiah, S.Ag, MA
Uncontrolled Keywords: Model Word Square, Minat Belajar Siswa, Pelajaran PKn
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maisarah Maisarah
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:16
Last Modified: 23 Feb 2022 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19925

Actions (login required)

View Item
View Item