Pengaruh Pandemi Covid 19 Terhadap Aktifitas Dakwah Lembaga Aceh Muraja’ah Di Gampong Pineung Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Sy Sausan Munira, 160403032 (2022) Pengaruh Pandemi Covid 19 Terhadap Aktifitas Dakwah Lembaga Aceh Muraja’ah Di Gampong Pineung Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Aktifitas Dakwah]
Preview
Text (Aktifitas Dakwah)
Sy Sausan Munira, 16040332, FDK, MD,.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Pengaruh Pandemi Covid 19 Terhadap Aktifitas Dakwah Lembaga Aceh Muraja’ah Di Gampong Pineung Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh’’. Selama masa pandemi Covid-19, Dakwah merupakan salah satu cara untuk melakukan perubahan sosial baik secara individu maupun secara kelompok. Masyarakat membutuhkan bimbingan secara spritual karena sebelumnya banyak aktivitas yang cukup menguras tenaga dan pikiran sehingga terjadi krisis spiritual. Aktifitas dakwah adalah salah satu aktifitas yang berbentuk kegiatan yang mengarah kepada perubahan positive. Lembaga Aceh Muraja’ah merupakan salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang keagamaan. Aktifitas Lembaga ini dalam melaksanakan dakwah, yaitu lebih mengajak seseorang pada kegiatan membumikan Al-qur’an. Melalui lembaga seperti Aceh Muraja’ah, aktifitas dakwah dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pandemi Covid-19 terhadap keberlangsungan aktifitas dakwah Aceh Murojaah dan seberapa besar pengaruh pandemi Covid-19 terhadap keberlangsungan aktifitas dakwah di Aceh Murojaah. Dalam penelitian skripsi ini peneliti menggunakan Pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan data berupa fakta-fakta atau data angka angka dan segala sesuatu yang dapat dihitung dengan metode penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung guna memperoleh data dengan angket (questionnaire).. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Dikatakan sampel jenuh karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara keseluruhan, sebab subjeknya kurang dari 100 orang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 orang maka semua sampel diikut sertakan. Data dianalisa dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas, uji normalitas residual uji heteroskedastisitas, Uji kolerasi sederhana, dan uji regresi sederhana (uji t) dengan menggunakan aplikasi SPSS 28 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel pandemi Covid-19 memiliki pengaruh signifikan terhadap Aktifitas dakwah, dan pengaruhnya sebesar 51,7%.

Kata kunci: Pandemi, dan Aktifitas Dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Sy sausan Munira Sausan
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:48
Last Modified: 22 Feb 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19930

Actions (login required)

View Item
View Item