Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA

Raudhatul Muna, 140205110 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA)
Raudhatul Muna, 140205110, FTK, PMA, 085372858490_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang diterapkan oleh guru didalam kelas belum dapat memaksimalkan pemahaman konsep matematika siswa, dikarenakan guru masih menerapkan pembelajaran teacher-centered, guru cenderung tidak melibatkan siswa secara aktif terhadap permasalahan matematika yang diberikan. Salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle dalam aktivitas pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran learning cycle terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa (2) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran learning cycle dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan model learning cycle. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan quasi exsperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Kota Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Berdasarkan hasil penelitian pada uji-t hipotesis pertama diperoleh thitung = 5,97 dan dan ttabel = 1,70 , maka thitung > ttabel, berarti bahwa model pembelajaran learning cycle terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan uji-t hipotesis kedua, maka diperoleh thitung= 2, 44 dan ttabel = 2,01 , maka thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran learning cycle lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model learning cycle.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Raudhatul Muna
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:42
Last Modified: 22 Feb 2022 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19931

Actions (login required)

View Item
View Item