Analisis Vegetasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Berdasarkan Habitat Di Kawasan CRU Sampoiniet Aceh Jaya Sebagai Referensi Pembelajaran Sub Materi Pteridophyta Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya

Nurhalizah, 170207070 (2022) Analisis Vegetasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Berdasarkan Habitat Di Kawasan CRU Sampoiniet Aceh Jaya Sebagai Referensi Pembelajaran Sub Materi Pteridophyta Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Vegetasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Berdasarkan Habitat Di Kawasan Cru Sampoiniet Aceh Jaya Sebagai Referensi Pembelajaran Sub Materi Pteridophyta Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya]
Preview
Text (Analisis Vegetasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Berdasarkan Habitat Di Kawasan Cru Sampoiniet Aceh Jaya Sebagai Referensi Pembelajaran Sub Materi Pteridophyta Di SMAN 2 Sampoiniet Aceh Jaya)
Nurhalizah, 170207070, FTK, PBL, 082361152798.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Sekolah SMAN 2 Sampoiniet memiliki kendala minimnya media pembelajaran yang mendukung mengenai materi tumbuhan paku (Pteridophyta), dikarenakan bahwa selama ini referensi yang ada hanya buku paket, sehingga para siswa kurang tertarik dalam belajar khususnya materi tumbuhan paku (Pteridophyta). Kawasan CRU Sampoiniet merupakan kawasan yang memiliki berbagai jenis paku dan terletak di sekitar sekolah yang dapat dimanfaatkan langsung oleh siswa sebagai referensi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan paku (Pteridophyta), vegetasi dan kelayakan output yang dihasilkan dari jenis-jenis tumbuhan paku (Pteridophyta) yang terdapat di kawasan CRU Sampoiniet Aceh Jaya sebagai referensi di Sekolah SMAN 2 Sampoiniet. Metode penelitian ini menggunakan kombinasi metode survey eksploratif dan line transeck berukukuran 100x20 m dengan jumlah 3 transeck, yang terdiri dari 5 titik berukuran 10x10 m pada satu titik. Hasil penelitian diperoleh 17 jenis paku yang tergolong kedalam 11 famili dan jumlah keseluruhan individu sebanyak 484 dengan persentase kehadiran tertinggi adalah jenis Gleichenia linearis sebesar 76 individu. Vegetasi tumbuhan paku yang terdapat di kawasan CRU Sampoiniet Aceh Jaya terdiri berdasarkan habitat epifit adalah 200 dengan jumlah individu 77, pada habitat bebatuan adalah 200 dengan jumlah individu 114 dan berdasarkan habitat tanah adalah 200 dengan jumlah individu 293, indeks keanekaragaman berdasarkan habitat epifit diperoleh sebesar 0,77 tidak beragam, pada habitat bebatuan diperoleh sebesar 0,868 tidak beragam dan habitat tanah diperoleh sebesar 2,324 beragam. Keseragaman tumbuhan paku berdasarkan habitat epifit adalah sebesar -1 tergolong kecil, habitat bebatuan adalah sebesar -0,79 tergolong kecil dan habitat tanah adalah sebesar - 0,969 tergolong kecil. Uji kelayakan booklet diperoleh 77% dengan kriteria layak direkomendasikan sebagai salah satu referensi di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurhalizah Liza
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:42
Last Modified: 22 Feb 2022 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19937

Actions (login required)

View Item
View Item