Peranan MPTT Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Aceh Singkil (Studi Kasus di Desa Kilangan Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil)

Sartika, 170301014 (2021) Peranan MPTT Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Aceh Singkil (Studi Kasus di Desa Kilangan Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peranan MPTT Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Aceh Singkil]
Preview
Text (Peranan MPTT Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Aceh Singkil)
Sartika, 170301014, FUF, AFI, 085261165948 docx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf merupakan suatu majelis yang mengajarkan ilmu yang berkaitan dengan tema pokok keagamaan yaitu Iman, Islam, dan Ihsan. Adapun Peran MPTT yaitu menghidupkan kembali hati masyarakat yang gersang akan ilmu tauhid tasawuf. dan menghidupkan Pengajian di beberapa desa dalam Wilayah Kecamatan Singkil. Kususnya anak remaja yang suka menghabiskan waktunya di warung kopi, suka melawan orang tua, melalaikan shalatnya dan suka memakai barang haram seperti narkoba. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara langsung ke masyarakat di Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil baik Tokoh MPTT maupun masyarakat lainnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode atau pembinaan yang dilakukan MPTT dalam memperbaiki akhlak- akhlak remaja adalah dengan cara melaksanakan pengajian dan zikir rateb siribee serta pengajian bagi kaum perempuan. Dengan metode itu dapat disimpulkan perubahan banyak terjadi di masyarakat baik dari kalangan orang tua maupun anak-anak remaja di Desa Kilangan Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X3 Aqaid dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Sartika Cincon Munthe
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:22
Last Modified: 23 Feb 2022 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19945

Actions (login required)

View Item
View Item