Analisis Tata Kelola Peternakan Ayam Pedaging antara PT. Indojaya Agrinusa dengan Peternak menurut Perspektif Akad Syirkah ‘Inan (Studi Kasus pada Peternakan Ayam Pedaging di Kecamatan Kota Jantho)

Putri Raihan, 160102225 (2021) Analisis Tata Kelola Peternakan Ayam Pedaging antara PT. Indojaya Agrinusa dengan Peternak menurut Perspektif Akad Syirkah ‘Inan (Studi Kasus pada Peternakan Ayam Pedaging di Kecamatan Kota Jantho). ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Tata Kelola Peternakan Ayam Pedaging antara PT. Indojaya Agrinusa dengan Peternak menurut Perspektif Akad Syirkah ‘Inan (Studi Kasus pada Peternakan Ayam Pedaging di Kecamatan Kota Jantho)]
Preview
Text (Analisis Tata Kelola Peternakan Ayam Pedaging antara PT. Indojaya Agrinusa dengan Peternak menurut Perspektif Akad Syirkah ‘Inan (Studi Kasus pada Peternakan Ayam Pedaging di Kecamatan Kota Jantho))
Putri Raihan, 160102225, FSH, HES, 085373012561.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tata kelola adalah prinsip yang melandasi suatu proses dan mekanisme pengelolaan untuk meningkatkan keberhasilan usaha guna mewujudkan nilai dalam jangka panjang dan tetap memperhatikan kepentingan usaha berdasarkan peraturan dan nilai etika usaha. Pada penerapannya akad yang digunakan dalam sistem tata kelola kerjasama ini ialah akad syirkah ‘inan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam sistem tata kelolanya yaitu ayam-ayam pedaging tersebut telah dipasarkan sebelum masa panen sehingga berat badan ayam tersebut belum mencapai target dan pihak perusahaan juga tidak benar-benar melakukan pekerjaan seperti yang telah diperjanjikan sebelumnya, yang menyebabkan pelanggaran kontrak perjanjian kerjasama. Sementara dalam akad syirkah ‘inan masing-masing pihak tersebut sama-sama melakukan pekerjaan sesuai dengan porsi kerja yang telah ditetapkan pada saat akad dan tercantum di dalam kontrak perjanjian kerjasama. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem tata kelola pada peternakan ayam pedaging di Kecamatan Kota Jantho sudah sesuai dengan akad syirkah ‘inan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu suatu metode untuk menganalisa dan memecah masalah yang terjadi pada masa sekarang berdasarkan gambaran yang dilihat dan didengar langsung dari lapangan serta hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem tata kelola yang dipraktikkan pada kerjasama antara PT. Indojaya Agrinusa dengan peternak ayam pedaging di Kecamatan Kota Jantho belum sepenuhnya sesuai dengan akad syirkah ‘inan, karena dalam praktik kerjasamanya perusahaan dengan peternak ayam pedaging belum memenuhi rukun dan syarat dalam konsep akad syirkah ‘inan, meskipun kedua belah pihak sama-sama berpartisipasi dalam mengelola ayam pedaging walaupun tidak seimbang dalam pengelolaannya.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Yusuf, S.Ag.,M.Ag Pembimbing II : Muslem Abdullah, S.Ag.,M.H
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola, Peternakan Ayam, Akad Syirkah Inān
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.24 Syarikah/Musyarakah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Raihan
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:07
Last Modified: 23 Feb 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19967

Actions (login required)

View Item
View Item