Hubungan Dukungan Keluarga dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa Double Major di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Utari Febrina, 170901202 (2021) Hubungan Dukungan Keluarga dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa Double Major di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Self Regulated Learning]
Preview
Text (Self Regulated Learning)
Utari Febrina, 170901202, FPSI, PSI, 082237404974.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Menjadi seorang mahasiswa double major memiliki banyak kewajiban yang harus dipenuhi, karena setiap perguruan tinggi memiliki kurikulum dan kebijakan yang berbeda, sehingga dibutuhkan pengelolaan diri yang baik dalam proses belajarnya (self regulated learning). Salah satu faktor yang mempengaruhi self regulated learning adalah dukungan keluarga. Dukungan keluarga mendorong seseorang agar mampu bertahan menghadapi berbagai permasalahan dan mempengaruhi pengelolaan diri pada proses kegiatan belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan self regulated learning pada mahasiswa double major di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Alat ukur yang digunakan yaitu skala dukungan keluarga berdasarkan teori Friedman (2013) dan skala self regulated learning berdasarkan teori Zimmerman dan Martinez-Pons (1986) dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi r = 0,565 dengan p = 0,000 yang menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan keluarga dengan self regulated learning pada mahasiswa double major di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, artinya semakin tinggi dukungan keluarga maka semakin tinggi self regulated learning, sebaliknya semakin rendah dukungan keluarga maka semakin rendah self regulated learning mahasiswa double major.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Utari Febrina Tari
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:14
Last Modified: 23 Feb 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19968

Actions (login required)

View Item
View Item