Dampak Penerapan Layanan Konseling Pada Anak Asuhan Melalui Pendekatan Terapi Tingkah Laku (Studi Deskriptif Pada Yayasan Panti Asuhan Islam Media Kasih, Setui BT. Kota Banda Aceh)

Ponna Merinja Pebrianti, 170402048 (2022) Dampak Penerapan Layanan Konseling Pada Anak Asuhan Melalui Pendekatan Terapi Tingkah Laku (Studi Deskriptif Pada Yayasan Panti Asuhan Islam Media Kasih, Setui BT. Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Dampak Penerapan Layanan Konseling Pada Anak Asuhan Melalui  Pendekatan  Terapi Tingkah Laku (Studi Deskriptif  Pada Yayasan Panti Asuhan Islam Media Kasih,   Setui BT. Kota Banda Aceh)]
Preview
Text (Dampak Penerapan Layanan Konseling Pada Anak Asuhan Melalui Pendekatan Terapi Tingkah Laku (Studi Deskriptif Pada Yayasan Panti Asuhan Islam Media Kasih, Setui BT. Kota Banda Aceh))
Ponna Merinja Pebrianti, 170402048, FDK, BKI, 085280699439.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Anak asuhan merupakan anak yang memiliki dua orangtua asuh, seharusnya memiliki kepribadian yang baik. Tetapi dalam kehidupan nyata anak tidak mendaptkan kasih sayang yang utuh dan tidak tumbuh dengan baik. Anak asuhan merupakan generani penerus bagi nusa dan bangsa yang harus bisa meimiliki kualitas diri yang baik secara pribadi maupun sosial masyarakat. Penelitian ini di dasari akan pentingnya layanan konseling bagi anak asuhan untuk mengarahkan kepada hal yang lebih positif. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan dengan tujuan umum untuk mengetahui dampak penerapan layanan konseling pendekatan terapi tingkah laku pada anak asuhan yayasan islam media kasih, sedangkan tujuan khusus untuk mengetahui: (1) Kondisi perilaku anak yayasan panti asuhan islam media kasih selama ini, (2) Analisis swot yayasan panti asuhan islam media kasih dalam penerapan layanan konseling pada anak asuhan melalui pendekatan terapi tingkah laku, dan (3) Perilaku anak asuhan yayasan islam media kasih setelah dilakukan penerapan layanan konseling pendekatan terapi tingkah laku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 19 orang. Teknik pengambilan sample menggunakan Purposive sampling yaitu sumber data dengan kriteria, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dilihat dari perilaku anak asuhan selama ini sehingga sangat mendukung untuk diterapkan layanan konseling melalui pendektan terapi tingkah laku untuk mengubah perilaku negatif ke perilaku positif, (2) Dilihat dari analis swot terdapat peluang yang besar dalam menerapkan layanan konseling melalui pendekatan terapi tingkah laku yang ditemukan dalam yayasan panti asuhan islam media kasih seperti tidak memiliki layanan konseling, tidak memiliki konselor kusus. Sehingga terdapat dampak positif bagi alumni BKI bisa bekerja sama dengan yayan tersebut untuk menerapkan layanan konseling, (3) Dilihat dari kondisi perilaku anak asuhan setelah diterapkan layanan konseling melalui pendekatan terapi tingkah laku terjadinya perubahan, seperti: sudah mulai mengenal dirinya sendiri, sudah mulai terbuka dengan orang baru dan sudah berani mengemukakan pendapatnya didepan orang banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan konseling dan Terapi Tingkah Laku
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ponna Merinja Pebrianti
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:18
Last Modified: 23 Feb 2022 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19970

Actions (login required)

View Item
View Item