Identifikasi Serangga Hama Pada Kelapa Sawit Di Perkebunan Jabal Ghafur, Kabupaten Pidie Sebagai Penunjang Pratikum Mata Kuliah Entomologi

Putri Riswana, 160207097 (2021) Identifikasi Serangga Hama Pada Kelapa Sawit Di Perkebunan Jabal Ghafur, Kabupaten Pidie Sebagai Penunjang Pratikum Mata Kuliah Entomologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Identifikasi Serangga Hama Pada Kelapa Sawit Di Perkebunan Jabal Ghafur, Kabupaten Pidie Sebagai Penunjang Pratikum Mata Kuliah Entomologi]
Preview
Text (Identifikasi Serangga Hama Pada Kelapa Sawit Di Perkebunan Jabal Ghafur, Kabupaten Pidie Sebagai Penunjang Pratikum Mata Kuliah Entomologi)
Putri Riswana, 160207097, FTK, PBL, 082386823877.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Serangga hama adalah salah satu organisme penyebab kerusakan material tanaman dan produk yang diserang sehingga menimbulkan kerugian yang besar. Kerusakan yang disebabkan oleh serangga hama pada tanaman komoditas salah satunya, kelapa sawit. Tanaman kelapa sawit yang terdapat di area Universitas Jabal Ghafur, Kabupaten Pidie, dengan luas ± 15 hektar, merupakan jenis tanaman yang tidak terpadu. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui jenis- jenis serangga hama pada kelapa sawit, untuk mengetahui species serangga hama yang mendominasi pada kelapa sawit, untuk mengetahui uji kelayakan buku saku dan modul pratikum serangga hama pada kelapa sawit di perkebunan Jabal Ghafur, Kabupaten Pidie. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik penentuan sample purposive sampling dengan cara menangkap langsung (Hand Picking). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan serangga hama kelapa sawit di perkebunan Jabal Ghafur terdiri dari 5 spesies yaitu Tirathaba mundella, Harpalus rufipes glabratus, Setora nitens, Metisa plana, Cortotermes curvignathus. Indeks dominansi paling tinggi yaitu species Cortotermes curvignathus dengan hasil dominansi 0,8277. Sedangkan indeks dominansi yang paling rendah adalah species Metisa plana dengan hasil dominansi 0,0009. Uji kelayakan buku saku dan modul sebagai penunjang pratikum mata kuliah entomologi dikatagorikan baik dengan angka validasi dari validator untuk modul didapati angka 84,995% dan untuk buku saku didapati angka 85,995%. Sehingga dapat disimpulkan indeks dominansi Cortotermes curvignathus di katagorikan tinggi serta uji kelayakan buku saku dan modul didapati katagori sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Entomologi, Serangga Hama, Perkebunan Sawit, Jabal Ghafur.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Riswana Amiruddin
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:37
Last Modified: 23 Feb 2022 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19991

Actions (login required)

View Item
View Item