Penerapan Pendekatan RME terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP

Dahlia Wansurni, 170205002 (2021) Penerapan Pendekatan RME terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan RME terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP]
Preview
Text (Penerapan Pendekatan RME terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP)
Dahlia Wansurni, 170205002, FTK, PMA, 085258196086.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang untuk mengerti dan memahami sesuatu, pentingnya pemahaman konsep yang harus di miliki oleh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah, sehingga dibutuhkan pendekatan pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Pendekatan pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) adalah salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibelajarkan dengan pembelajaran RME dan pembelajaran konvensional. Penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen yaitu Quasi Eksperimental Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh, terdiri dari dua sampel kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan Pre-Test dan Post-Test. Hasil penelitian pengolahan data statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa thitung = 11,7 dan ttabel = 1,68 maka thitung >ttabel terima H1 tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Nuralam, M.Pd. Pembimbing II : Susanti, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan RME, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahlia Wansurni
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:18
Last Modified: 24 Feb 2022 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19999

Actions (login required)

View Item
View Item