Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara

Rika Ramadani, 170208023 (2022) Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara] Text (Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara)
Rika Ramadani, 170208023, FTK, PKM, 085270689793.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Siswa SMA Negeri 15 Takengon Binaan Nenggeri Antara mengalami kesulitan belajar pada materi larutan penyangga, hal ini dibuktikan dengan tidak tuntasnya nilai KKM siswa pada materi larutan penyangga. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tentang analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi larutan penyangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor kesulitan belajar pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket, lembar wawancara dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mempelajari materi larutan penyangga terdapat pada penentuan rumus, perhitungan pH, penentuan komponen penyusun larutan penyangga, penentuan larutan penyangga dan bukan larutan penyangga, dan peranan larutan penyangga. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah kurangnya penguasaan materi, kurangnya minat dan motivasi siswa, kurangnya daya ingat, pengelolaan kelas kurang baik, kurang bervariasinya metode pembelajaran serta faktor kondisi new normal covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rika Ramadani
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:12
Last Modified: 24 Feb 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20011

Actions (login required)

View Item
View Item