Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di MIN 1 Bener Meriah

Sastri Hanum, 170209040 (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di MIN 1 Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di MIN 1 Bener Meriah]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di MIN 1 Bener Meriah)
Sastri Hanum, 170209040, FTK, PGMI, 081273351943_unlocked_2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS bertujuan agar peserta didik menjadi masyarakat yang baik dan bertanggung jawab supaya siswa peka terhadap masalah sosial. Namun, berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan banyak siswa yang belum aktif dalam mengikuti pembelajaran seperti tidak berani bertanya tentang permasalahan yang belum dipahami, sehingga pada hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS, (2) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis yang diperlukan yaitu analisis hasil observasi dan analisis hasil tes. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 42,8% sedangkan hasil belajar pada siklus II memperoleh 85,7% di mana pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Untuk hasil aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I termasuk pada kategori baik, dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan kategori sangat baik. Hasil aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I memperoleh kategori baik, sedangkan aktivitas siswa pada siklus II sudah mengalami peningkatan di mana siswa sudah lebih aktif dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, menerapkan model inkuiri pada pembelajaran IPS materi karakteristik letak geografis Indonesia sebagai negara maritim dan agraris siswa lebih aktif belajar, hasil belajar siswa meningkat serta aktivias guru pada pembelajaran dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sastri Hanum
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:06
Last Modified: 24 Feb 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20016

Actions (login required)

View Item
View Item