Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Pante Ceureumen

Hasniatul Mawaddah, 170208052 (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Pante Ceureumen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Pante Ceureumen]
Preview
Text (Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Pante Ceureumen)
Hasniatul Mawaddah, 170208052, FTK, PKM, 082370787069.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal pada meteri laju reaksi di SMA Negeri 1 Pante Ceureumen dilatarbelakangi dari proses pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru hanya menggunakan buku cetak. Maka dengan adanya pengembangan LKPD ini diharapkan dapat menjadi alternative perangkat pembelajaran tambahan bagi guru untuk dapat memaksimalkan proses pembelajaran dengan diiringi oleh pengenalan mengenai kearifan lokal. Pengembangan LKPD ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajara, serta dapat menjadi alternativ bagi guru dalam mengenalkan kearifan lokal yang berkaitan dengan materi kimia kepada peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari LKPD yang dikembangkan, menglihat respon guru, serta respon peserta didik terhadap LKPD berbasis kearifan lokal pada materi laju reaksi. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model desain ADDIE. Data dikumpulkan melalui instrument pengumpulan data berupa lembar validasi yang dinilai oleh 3 orang pakar ahli, lembar angket respon yang disebarkan kepada peserta didik dan guru kimia. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan mengubahnya menjadi deskriptif. Berdasarkan hasil validasi oleh 3 orang validator diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,25 dengan persentase 81,25% dengan kriteria ‘sangat layak’. Hasil uji coba pada peserta didik dan guru melalui penyebaran angket diperoleh persentase secara berturut-turut adalah 89,16% untuk angket respon peserta didik dan 100% untuk angket respon guru dengan kriteria ‘sangat setuju’. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis kearifan lokal pada materi laju reaksi sangat layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran di SMA Negeri 1 Pante Ceureumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Hasniatul Mawaddah
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:25
Last Modified: 24 Feb 2022 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20018

Actions (login required)

View Item
View Item