Model Tata Ruang Kantor dalam Peningkatan Etos Kerja Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Badar Aceh Tenggara

Eva Maysa Putri, 170206072 (2022) Model Tata Ruang Kantor dalam Peningkatan Etos Kerja Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Badar Aceh Tenggara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Model Tata Ruang Kantor dalam Peningkatan Etos Kerja Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Badar Aceh Tenggara]
Preview
Text (Model Tata Ruang Kantor dalam Peningkatan Etos Kerja Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Badar Aceh Tenggara)
Eva Maysa Putri, 170206072, FTK, MPI, 082246428796.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39MB) | Preview

Abstract

Kurangnya perhatian dalam penataan ruang kantor kepala sekolah dapat mempengaruhi etos kerja kepala sekolah.Hasil analisis awal ditemukan bahwa tata ruang kantor kepala sekolah di SMA Negeri 1 Badar masih kurang memenuhi standar, mulai dari penataan ruang kantor dan kebersihan yang kurang maksimal sehingga dapat mempengaruhi sebagian dari aspek etos kerja kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tata ruang kantor dalam peningkatan etos kerja kepala sekolah, merancang model tata ruang kantor kepala sekolah untuk diterapkan dan menganalisis hasil uji model tata ruang kantor kepala sekolah setelah penerapan pada ruang kantor. Penelitian ini merupakan penelitian DBR. Populasi penelitian ini adalah tenaga pendidik dan kependidikan yang berjumlah 30. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dokumentasi, dan angket data yang dianalisis dengan Milles and Hubber dan rumusan persentase P=F/N. Variable dalam penelitian ini meliputi variable model tata ruang kantor (X) dan variable etos kerja (Y). berdasarkan analisis data sebelum treatment menunjukkan bahwa tingkat tata ruang kantor kepala sekolah berada dalam kondisi “sangat tidak baik” yaitu 29% dengan skor rata-rata X˂1,17 (Pre-x) sedangkan etos kerja kepala sekolah berada pada tingkat 62% dengan skor rata-rata Y˂2,4. (Pre-Y) ini menyatakan bahwa etos kerja kepala sekolah masih dibawah rata-rata. Hasil treatmen pada model tata ruang kantor, terjadi peningkatan nilai 97% dengan skor rata-rata X˃3,89 (Post-X) peningkatan juga terjadi terhadap etos kerja kepala sekolah setelah treatmen pada tata ruang kantor 88% dengan skor rata-rata Y˃3,51 (Post-Y). Artinya, terjadi peningkatan 26% pada etos kerja kepala sekolah setelah melakukan treatmen model tata ruang kantor. Maka dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan pada ruang kantor dapat meningkatkan etos kerja kepala sekolah. Dengan demikian model tata ruang kantor kepala sekolah berbasis kontekstual dapat digunakan dalam perluasan konteks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eva Maysa Putri
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:14
Last Modified: 24 Feb 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20019

Actions (login required)

View Item
View Item