Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis Di Kawasanan Perkebunan Kopi Di Desa Blang Ara Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah

Nanda Putri Gunara, 160703040 (2021) Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis Di Kawasanan Perkebunan Kopi Di Desa Blang Ara Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis Di Kawasanan Perkebunan Kopi Di Desa Blang Ara Kecamatan Bukit  Kabupaten Bener Meriah]
Preview
Text (Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis Di Kawasanan Perkebunan Kopi Di Desa Blang Ara Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah)
Nanda Putri Gunara, 160703040, FST, BIO, 082167452202.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jamur makroskopis merupakan kelompok utama organisme pendegradasi yang terdapat di alam. Jamur makroskopis tidak memiliki klorofil, mirip dengan tumbuhan karena memiliki dinding sel, namun jamur tidak memiliki akar, batang dan daun. Penelitian ini dilakukan di Desa Blang Ara Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Pengumpulan data penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2021. Penelitian ini menggunakan metode survei eksploratif Penentuan jalur pengamatan ini menggunakan purposive sampling, sehingga lokasi penelitian dibagi menjadi 6 jalur yang berdasarkan pola tutupan pohon. Analisis data menggunakan rumus Indeks Nilai Penting (INP) dan indeks keanekaragaman Shannon Wiener. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 27 spesies yang termasuk kedalam 14 famili. Nilai INP tertinggi adalah spesies Schizophyllum commune dengan nilai INP sebesar 39,23 dan Spesies yang meiliki nilai INP terendah adalah spesies Mycena hiemalis, Laricifomes dari famili Fomitopsidaceae dan spesies Trametes versicolor dengan nilai INP adalah 2,50. Keanekaragaman yang di temukan adalah 2.95 dan tergolong kedalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muslich Hidayat M.Si., Diannita Harahap M.Si
Uncontrolled Keywords: Jamur Makroskopis, Blang Ara, Indeks Nilai Penting, Keanekaragaman.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Nanda Putri Gunara
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:10
Last Modified: 25 Feb 2022 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20036

Actions (login required)

View Item
View Item