Ketersediaan dan Pola Distribusi Pohon Pakan Rangkong Di Kawasan Ekosistem Ulu Masen Kecamatan Sampoiniet

Mutiara, 160703049 (2021) Ketersediaan dan Pola Distribusi Pohon Pakan Rangkong Di Kawasan Ekosistem Ulu Masen Kecamatan Sampoiniet. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Ketersediaan dan pola Distribusi Pohon Pakan Rangkong Di Kawasan Ekosistem Ulu Masen Kecamatan Sampoiniet]
Preview
Text (Ketersediaan dan pola Distribusi Pohon Pakan Rangkong Di Kawasan Ekosistem Ulu Masen Kecamatan Sampoiniet)
Mutiara, 160703049, FST, BIO, 081361527394.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ketersediaan pohon pakan rangkong memiliki kaitan erat terhadap kehadiran rangkong di suatu habitat. Keberadaan burung rangkong mempunyai peran yang besar dalam meregenerasi hutan. Tujuan penelitian ini untuk memberikan informasi tentang ketersediaan pohon pakan dan bagaimanakah pola distribusi pohon pakan di kawasa ekosistem Ulu Masen Kecamatan Sampoiniet. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret 2021 dengan menggunakan metode survei eksploratif pada 5 jalur transek. Penelitian dilakukan di kawasan ekosistem Ulu Masen Kecamatan Sampoiniet. Data penelitian dianalisis menggunakan indeks morisita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 11 jenis pohon pakan rangkong dari 4 famili. Pohon pakan tersebut yaitu ara lutong (Ficus padana), ara lemang (Ficus variegata), ara hutan (Ficus fistulosa), pala glee (Horsfieldia costulata), rambong bate (Baccaurea Sp.), Ficus caulocarpa, ara merah (Ficus racemosa), ara putih (Ficus virens), pohon luwingan (ficus hispida), pohon beringin (Ficus benjamina), dan medang ara (Litsea Sp.) dan pola distribusi mengelompok dengan Ip 0,552. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ketersediaan pohon pakan di kawasan ekosistem Ulu Masen masih tinggi sehingga memiliki potensi yang besar untuk kehadiran rangkong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muslich Hidayat, M.Si Pembimbing II : Feizia Huslina, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Rangkong, Pohon pakan.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Mutiara Mutiara
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:16
Last Modified: 25 Feb 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20038

Actions (login required)

View Item
View Item