Pendidikan Humanisme Dalam Sistem Pembelajaran Dayah Salafiyah di Aceh

Lismijar, 26142228 (2021) Pendidikan Humanisme Dalam Sistem Pembelajaran Dayah Salafiyah di Aceh. Doctoral thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pendidikan  Humanisme Dalam Sistem Pembelajaran Dayah Salafiyah di Aceh]
Preview
Text (Pendidikan Humanisme Dalam Sistem Pembelajaran Dayah Salafiyah di Aceh)
Lismijar, 261422283, PS, PAI, 082370506900.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan humanistik dalam Islam bersumber dari ajaran Islam. Maksudnya pendidikan yang dalam pengembangan potensi anak didik terikat dengan nila-nilai agama Islam yang merupakan sumber dasar dalam mewujudkan kehidupan yang harmonis dari berbagai perbedaan status sosial, suku dan kelompok. Pengembangan potensi peserta didik hanya mungkin terwujud bila pelaksanaan pendidikan didasarkan pada prinsip humanis yaitu terlindunginya nilai-nilai hidup, harkat, dan martabat manusia. Nilai-nilai kemanusiaan yang perlu ditanamkan oleh guru kepada anak didik dalam pembelajaran, antara lain nilai kesopanan, nilai toleransi, nilai kebebasan, nilai kerja sama, nilai persamaan dan nilai mandiri. Dayah sebagai lembaga pendidikan Islam dituntut untuk mewujudkan misi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan humanistik Islami yang terdapat dalam sistem pembelajaran dayah Salafiyah di Aceh, bagaimana implementasinya dan bagaimana prosfeknya dalam sistem pembelajaran di dayah salafiyah di Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Penelitian ini dilakukan di Provinsi Aceh, pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan pembagian zona, yaitu wilayah utara, tengah dan selatan Aceh. Untuk zona utara lokasi yang dipilih adalah Dayah Mudi Mesra Samalanga Kabupaten Bireun, di zona tengah peneliti memilih Dayah Thalibul Huda Desa Bayu Aceh Besar dan untuk zona Barat Selatan Aceh penulis mengambil sampel Dayah Darussalam Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan. Sumber datanya adalah santri, dewan guru dan pimpinan dayah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) teknik observasi-partisipan; (2) teknik wawancara mendalam (deep interview); (3) teknik dokumentasi. Teknik analisis dan pengolahan data dilakukan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Setelah melakukan penelitian, penulis menemukan hasilnya sebagai berikut, pertama nilai-nilai humanistik Islami dalam sistem pembelajaran dayah salafiyah adalah Humanistik kearifan lokal dayah berbasis Islami. Nilai-nilai humanistik Islami yang bersumber dari ajaran Islam terdapat di dayah dan dipraktekkan dalam tradisi kearifan lokal di dayah. Nilai pendidikan humanistik tersebut adalah nilai kebebasan yang terikat dengan nilai-nilai agama, nilai persamaan dan kebersamaan dalam melakukan aktivitas, persaudaraan yang terbangun tanpa melihat perbedaan suku dan daerah, saling tolong menolong dan saling peduli satu sama lain, hidup mandiri dan saling menghormati. Kedua, implementasi pendidikan humanistik Islami dalam sistem pembelajaran di dayah salafiyah di Aceh yaitu Humanistik Islami berbasis Taqwiyatul ‘Amali wa al-Ta’abbudi yang terdapat pada unsur tujuan, pendidik (guru), dan materi pendidikan di dayah salafiyah yang orientasinya adalah untuk penguatan amal kebaikan dalam rangka mendidik santri mengabdi kepada Allah. Ketiga, adanya keunggulan pelaksanaan pendidikan humanistik Islami di dayah salafiyah yaitu menghasilkan peserta didik yang ‘abid dan berakhlak mulia, pendidikan berbasis spiritualitas lebih diutamakan, mendidik semangat persaudaraan, kebersamaan, kemandirian dan kesederhanaan, menghasilkan peserta didik yang berlaku ta’zim pada guru dan biaya pendidikan di dayah salafiyah yang terjangkau. Sementara prospektif pendidikan humanistik Islami dalam Sistem pembelajaran dayah Salafiyah di Aceh yaitu perlunya kebebasan intelektual, perlu adanya fasilitas pendidikan yang memadai, perlu adanya perhatian pada kemajuan IPTEK, kurikulum pendidikan perlu mengikuti perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor I : Prof. Dr. H. M. Hasbi Amiruddin, MA Promotor II : Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Humanisme, Dayah Salafiyah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lismijar Lismijar
Date Deposited: 25 Feb 2022 04:13
Last Modified: 25 Feb 2022 04:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20049

Actions (login required)

View Item
View Item