Pengembangan Handout Pada Materi Lichenes Di SMAN 2 Sampoiniet

Deni Putri, 170207065 (2021) Pengembangan Handout Pada Materi Lichenes Di SMAN 2 Sampoiniet. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Handout Pada Materi Lichenes Di SMAN 2 Sampoiniet]
Preview
Text (Pengembangan Handout Pada Materi Lichenes Di SMAN 2 Sampoiniet)
Deni Putri, 170207065, FTK, PBL, 0895602343867.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kurangnya buku pendukung materi Lichenes di SMA N 2 Sampoiniet menyebabkan rendahnya pengetahuan siswa tentang Lichenes yang terdapat di sekitarnya, sehingga perlu dikembangkan suatu media yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu handout Lichenes. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout dan menguji kelayakan handout serta respon siswa pada materi Licehens di SMA N 2 Sampoiniet Aceh Jaya. Rancangan penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau yang sering disebut sebagai R&D (Research and Development). Subyek penelitian ini adalah penguji ahli (expert judgement), yaitu ahli media sebanyak 3 penguji dan ahli meteri sebanyak 3 penguji yang merupakan dosen ahli media, guru bidang studi biologi serta siswa kelas X di SMA N 2 Sampoiniet. Objek penelitian ini yaitu materi pelajaran Licehens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan desain media handout menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan tahapan potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, dan tahap revisi desain. Kelayakan ahli materi diperoleh persentase yaitu 80% sedangkan oleh ahli media diperoleh persentase 80%. Persentase respon siswa terhadap media handout diperoleh 87,5% dengan kategori sangat positif. Kesimpulan dari penelitian ini pengembangan menggunakan model Borg & Gall menghasilkan media handout Lichenes. Kelayakan media handout diperoleh rata-rata 80% dengan kriteria layak direkomendasikan sebagai salah satu media yang dapat digunakan sebagai sumber belajar di SMA N 2 Sampoiniet dan respon siswa terhadap media handout diperoleh kategori sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Handout, Lichenes, Kelayakan, Respon Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Deni Putri Deni
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:46
Last Modified: 01 Mar 2022 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20069

Actions (login required)

View Item
View Item