Penerapan Model Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V MIN 9 Kota Banda Aceh

Husna Julita, 160209064 (2022) Penerapan Model Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V MIN 9 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Paradigma Pedagogi Reflektif  (PPR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V MIN 9 Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V MIN 9 Kota Banda Aceh)
Husna Julita, 160209064, FTK, PGMI, 081264354311.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Berdasarakan observasi yang dilakukan oleh peneliti, adanya ketidaksesuaian dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru seperti tidak bertanya, tidak memberi saran dan tidak berpendapat, juga tidak memberanikan diri berekspresi. Maka, diperlukan perbaikan dalam pembelajaran IPS salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran paradigma pedagogi reflektif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran paradigma pedagogi reflektif pada pembelajaran IPS kelas V MIN 9 Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas Vb MIN 9 Kota Banda Aceh yang berjumlah 43 peserta didik dengan KKM individual 70% dan klasikal 80%, sementara teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal post-test, kemudian dianalisis menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I 72,6% dan meningkat pada siklus II 91,6% atau 19%. Aktivitas peserta didik pada siklus I 71,4% dan meningkat pada siklus II 92,8% atau 21,4%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I 54,2% dan meningkat pada siklus II 86,4% atau 32,2%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model paradigma pedagogi reflektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPS pada kelas Vb di MIN 9 Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Husna Julita
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:00
Last Modified: 02 Mar 2022 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20092

Actions (login required)

View Item
View Item