Peran Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkotika Terhadap Anak (Studi Kasus Badan Narkotika Nasional Kota Banda Aceh)

Mizanna, 150802109 (2021) Peran Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkotika Terhadap Anak (Studi Kasus Badan Narkotika Nasional Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Menanggulangi Penyalahgunaan Narkotika]
Preview
Text (Menanggulangi Penyalahgunaan Narkotika)
Mizanna, 150802109, FISIP, IAN, 085260522291.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Di Banda Aceh, perkembangan pecandu narkotika semakin pesat dari kalangan manapun, masih banyak kasus yang terjadi pada anak. Narkotika merupakan salah satu kasus yang melibatkan anak, baik sebagai pengguna maupun pengedar (kurir) narkotika. Melalui Keputusan Presiden Nomor 17 tahun 2002 tentang Badan Narkotika Nasional, Badan Narkotika Provinsi, Badan Narkotika Kabupaten/Kota, Badan Narkotika Nasional Kota Banda Aceh menjalankan peran pencegahan, rehabilitasi, dan penegakan hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa peran dan bagaimana strategi Badan Narkotika Nasional Kota Banda Aceh dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika oleh anak di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran Badan Narkotika Nasional Kota Banda Aceh dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh anak yaitu melaksanakan upaya pencegahan, rehabilitasi, dan penegakan hukum. Kemudian strategi yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Kota Banda Aceh ialah melakukan sosialisasi, berita, membaca efek-efek bahaya narkotika, partisipasi aktif dari pihak manapun dan melakukan razia di sekolah-sekolah. Penelitian ini penyimpulkan, Badan Narkotika Nasional Kota Banda Aceh perlu melakukan beberapa langkah dalam upaya mencegah penyebaran narkotika seperti melakukan sosialisasi, pencegahan, rehabilitasi, serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta dalam mewujudkan Kota Banda Aceh terbebas dari Narkotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mizanna Zanna
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:04
Last Modified: 02 Mar 2022 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20093

Actions (login required)

View Item
View Item