Peran Muhtasib Gampong Dalam Penegakan Syari’at Islam Di Kopelma Darussalam, Banda Aceh

Angga Isra Al faijar, 150305005 (2022) Peran Muhtasib Gampong Dalam Penegakan Syari’at Islam Di Kopelma Darussalam, Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Angga Isra Alfaijar, 150305005, FUF,SA, 082272839479.pdf]
Preview
Text
Angga Isra Alfaijar, 150305005, FUF,SA, 082272839479.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran penting perguruan tinggi di Indonesia antara lain adalah melahirkan terobosan-terobosan pemikiran yang dapat bermanfaat bagi pemerintah sebagai dasar dalam mengambil kebijakan. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry memiliki program studi yang fokus pada berapa bidang pengetahuan khususnya pengetahuan keagamaan. Program studi yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat memiliki distingsi dan fokus dalam kajian mendalam dan komprehensif serta multidisipliner dalam ilmu keislaman. Oleh sebab itu Fakultas Ushuluddin tidak lagi hanya terbatas pada kajian normativitas agama saja namun juga beragam masalah-masalah sosial dengan pendekatan keagamaan. Salah satunya adalah Sosiologi Agama.
Program Studi Sosiologi agama memiliki visi melakukan penelitian dengan pendekatan sosiologi atas masalah-masalah sosial keagamaan. Hal ini untuk melihat sebuah masalah dengan perspektif yang beragam. Bukan hanya hukum Islam namun juga perspektif sosial. Dengan demikian masalah sosial keagamaan yang ada di dalam masyarakat dapat dipahami dengan lebih jelas dan komprehensif. Program Studi Sosiologi Agama sudah berdiri sejak tahun 2013 dan terus melakukan kajian-kajian terkait dengan beragam masalah sosial keagamaan yang ada di dalam masyarakat Aceh. Di masa yang akan datang kita berharap melalui kajian-kajian ini program studi Sosiologi Agama dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah terutama dalam bentuk pemikiran untuk mengambil kebijakan terkait dengan
kehidupan sosial keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Angga Isra Alfaijar
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:43
Last Modified: 07 Mar 2022 04:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20096

Actions (login required)

View Item
View Item