Hubungan Adversity Quotient dengan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh

Dhea Azahra Fadilla, 170901014 (2021) Hubungan Adversity Quotient dengan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Adversity Quotient]
Preview
Text (Adversity Quotient)
Dhea Azahra Fadillah, 170901014, FPSI, PSI, 085260170814.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan adversity quotient dengan motivasi belajar pada pelajaran matematika siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala adversity quotient berdasarkan teori Stolz dan skala motivasi belajar berdasarkan teori Schunk dan Printich. Jumlah populasi sebanyak 879 siswa dan sampel sebanyak 251 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode teknik stratified proportionate random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar r = 0,744 dengan p = 0,000. Hal tersebut menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara adversity quotient dengan motivasi belajar, artinya semakin tinggi adversity quotient maka semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa, sebaliknya semakin rendah adversity quotient maka semakin rendah motivasi belajar yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Dhea Azzahra Fadilla Dhea
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:22
Last Modified: 02 Mar 2022 04:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20101

Actions (login required)

View Item
View Item