Strategi Pengelolan Kesehatan Lingkungan Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas Kecamatan Kluet Selatan

Elfi Usfita, 160403035 (2022) Strategi Pengelolan Kesehatan Lingkungan Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas Kecamatan Kluet Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Strategi Pengelolan Kesehatan Lingkungan Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas Kecamatan Kluet Selatan]
Preview
Text (Strategi Pengelolan Kesehatan Lingkungan Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas Kecamatan Kluet Selatan)
Elfi Usfita , 160403035 , FDK,DMD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Mengingat masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang kondisi kesehatan lingkungannya masih rendah salah satunya di Kecamatan Kluet Selatan. Selain itu berdasarkan informasi awal yang penulis dapatkan di lapangan aktivitas pengelolaan kesehatan lingkungan di salah satu puskesmas kluet selatan masih belum sempurna dan tidak sesuai dengan keinginan masyarakat. Karena kelalaian petugas dalam menangani pasien dan lambatnya petugas dalam menangani keluhan pasien masih sering terjadi di Puskesmas kluet selatan, sehingga dianggap masih belum memenuhi standar fungsi puskesmas dalam menangni serta melayani masyarakat dari segi kesehatan lingkungan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Puskesmas Kluet Selatan dalam mengelola kesehatan lingkungan, untuk mengetahui bagaimana upaya Puskesmas Kluet Selatan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat serta untuk mengetahui bagaimana peluang dan tantangan Puskesmas Kluet Selatan dalam mengelola kesehatan lingkungan. Adapun metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif, selanjutnya yang menjadi subyek penelitian yaitu Kepala Puskesmas Kluet Selatan, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Puskesmas Kluet Selatan, Staf Kesehatan Lingkungan Puskesmas Kluet Selatan, kader Kesehatan Lingkungan Puskesmas Kluet Selatan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil berikut ini strategi puskesmas Kluet Selatan dalam mengelola kesehatan lingkungan di antaranya yaitu melakukan sosialisasi mengenai sanitasi, agar timbulnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan, dan bagaimana memiliki lingkungan yang asri sesuai standar kesehatan, upaya yang dilakukan salah satunya yaitu menyediakan layanan rawat inap, penyediaan saniter seperti jamban, melakukan pengecekan pada air dan melakukan penyemprotan pada pembuangan masyarakat agar terhindar dari jentik-jentik nyamuk DBD, Peluang Puskesmas Kluet Selatan yaitu memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada pasien, Memberikan fasilitas yang baik agar terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas, Memberikan pengelolaan sampah yang baik akan mendapatkan manfaat dari berbagai aspek ekonomi, ekologi, sosial dan budaya, Menjalani kerjasama dengan lintas sektor yang akan mendukung segala program yang ada, Terpenuhinya SDM yang mengerti tentang program kesehatan lingkungan. Adapun tantangan yang dihadapi terbatasnya SDM, kurangnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Elfi Usfita
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:47
Last Modified: 08 Mar 2022 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20137

Actions (login required)

View Item
View Item