Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMPN 1 Gandapura

Rizki Safitri, 170213092 (2021) Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMPN 1 Gandapura. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMPN 1 Gandapura]
Preview
Text (Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMPN 1 Gandapura)
Riski Safitri, 170213092, FTK, BK, 082262484009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Remaja dalam perkembangan memiliki tugas yang menitik beratkan kepada hubungan sosial. Hubungan sosial akan terjalin dengan baik apabila terdapat komunikasi interpersonal didalamnya. Siswa yang memiliki kesulitan komunikasi interpersonal akan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan, penelitian bertujuan mengetahui aspek apa saja yang paling mendominasi siswa dalam ketrampilan komunikasi interpersonal. Seperti apa perbedaan yang signifikan terhadap ketrampilan komunikasi interpersonal siswa SMPN 1 Gandapura. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen menggunakan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian berjumlah 8 siswa, yaitu kelas VII/D, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi interpersonal siswa terdapat pengaruh yang signifikan skor rata-rata saat pretest dan posstest. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dialami siswa kelas VII/D SMPN 1 Gandapura ialah kesulitan dalam melakukan komunikasi interpersonal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mukhlis, M. Pd Pembimbing II : Faisal Anwar,M.Ed
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan komunikasi interpersonal siswa, Teknik Sosiodrama
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Riski Safitri
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:59
Last Modified: 08 Mar 2022 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20144

Actions (login required)

View Item
View Item