Analisis Konservasi Naskah Kuno Melalui Alih Media Digital di Pedir Museum Banda Aceh

Mega Ayuniara, 150503134 (2021) Analisis Konservasi Naskah Kuno Melalui Alih Media Digital di Pedir Museum Banda Aceh. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Konservasi Naskah Kuno Melalui Alih Media Digital di Pedir Museum Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Konservasi Naskah Kuno Melalui Alih Media Digital di Pedir Museum Banda Aceh)
Mega Ayuniara, 150503134, FAH, IP, 082281203992.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Konservasi Naskah Kuno Melalui Alih Media Digital di Pedir Museum Banda Aceh”. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana proses konservasi naskah kuno melalui alih media digital di lembaga Pedir Museum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu direktur dan juga staff Pedir Museum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi naskah-naskah kuno di Pedir Museum rentan mengalami kerusakan yang tidak dapat lagi diperbaiki karena sistem penyimpanan naskah kuno yang masih konvensional, yaitu dengan disusun di dalam lemari kaca. Untuk keselamatan naskah kuno model alih media menjadi satu metode potensial dapat dilaksanakan, terutama mengingat kondisi koleksi naskah kuno yang mulai rapuh dan ketertarikan pengguna naskah untuk mendapatkan informasi kandungan naskah. Sejauh ini selama dalam pelaksanaan, Pedir Museum telah mengalihmedia sekitar 17% dari total naskah kuno yang ada sekitar 480 naskah yang ada di Pedir Museum. Adapun proses alih media yang dilakukan oleh Pedir Museum yaitu, kegiatan pengumpulan atau seleksi naskah, pengecekan kondisi fisik, scanning atau capturing file, editing dan compiling, yang dilakukan secara rutin tiga sampai lima kali dalam setahun. Guna mengakses naskah yang telah dialihmedia, pengguna langsung menghubungi Direktur Pedir Museum dimana data digital naskah diakses secara offline karena mereka belum memiliki website khusus untuk naskah yang telah dialihmedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konservasi, alih media, digitalisasi, naskah kuno
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 090 Manuscripts ,Buku Langka, Materi tercetak langka lainnya > 091 Manuscripts
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Mega Ayuniara
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:46
Last Modified: 09 Mar 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20153

Actions (login required)

View Item
View Item