Riza Farla, 160201009 (2021) Efektivitas Pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Riza Farla, 160201009, FTK, PAI, 081284756487.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Tahfidzul Al-Qur’an merupakan suatu kegiatan yang sangat mulia dan terpuji, menghafal mengandung makna penekanan pengulangan, dan kesempurnaan sehingga benar dan tidak lupa. Untuk menghafal Al- Qur’an diperlukan semangat dan motivasi yang tinggi agar bisa mencapai tahap Tahfidzul Al-Qur’an, untuk mencapai tahap Tahfidz bukan perkara mudah sebab dorongan dari diri sendiri seperti rasa malas dan bosan maupun pengaruh lingkungan sekitar yang tidak mendukung. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah: 1) apa hambatan siswa di SMPN 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya dalam menghafal Al-Qur’an?. 2) apa upaya yang dilakukan oleh guru Tahfidzul Al-Qur’an agar siswa SMPN 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya mampu menghafal Al-Qur’an?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berupa penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hambatan siswa dalam menghafal Al-Qur’an yaitu lupa, sulit menghafal, waktu yang singkat, tidak bisa membagi waktu, dorongan orang tua, dan kurang lancar membaca Al-Qur’an. Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memberikan motivasi, memberikan tugas dan hukuman bagi peserta didik, membimbing dengan muraja’ah dan mengajar dengan metode yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Riza Farla Farla |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 02:59 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 02:59 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20156 |