Peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Blood For Life Foundation dalam Melayani Kebutuhan Pasien dari Luar Kota Banda Aceh ( Studi Pelayanan Tempat Tinggal, Makan, Dan Transportasi, Selama Pengobatan di Kota Banda Aceh )

Ridwan Arif, 150404015 (2020) Peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Blood For Life Foundation dalam Melayani Kebutuhan Pasien dari Luar Kota Banda Aceh ( Studi Pelayanan Tempat Tinggal, Makan, Dan Transportasi, Selama Pengobatan di Kota Banda Aceh ). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Blood For Life Foundation]
Preview
Text (Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Blood For Life Foundation)
Ridwan Arif, 150404015, FDK, PMI, 082165097075.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Membangun sebuah bangsa dapat dicapai melalui proses yang diawali dengan kesadaran rakyatnya baik secara individu atau bersama, kelompok masyarakat yang berjalan dengan landasan dan tujuan yang sama. Cita-cita dalam melaksanakan tujuan kegiatan dan kepentingan bersama yang dibangun dengan kesadaran dan berkelompok yang diyakini dapat memecahkan kepentingan bersama dalam sebuah wadah yang popular dengan nama Lembaga Swadaya Masyarakat. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau sering disebut dengan nama lain Non-Government Organization (NGOs) atau Organisasi Non-pemerintah (Ornop) dewasa ini keberadaanya sangat mewarnai kehidupan di Indonesia, kondisi seperti inilah yang membuat para relawan BFLF (Blood for Life Foundation) mendirikan sebuah organisasi yang memfokuskan diri salah satunya dalam memberikan tempat tinggal, makan dan transportasi untuk pasien dari luar kota Banda Aceh yang sedang menjalankan rawat jalan. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan (field Research). field Research adalah pencarian data dilapangan karena penelitian yang dilakukan menyangkut dengan persoalan-persoalan atau kenyataan-kenyataan dalam kehidupan nyata, bukan pemikiran abstrak yang terdapat dalam teks-teks atau dokumen-dokumen tertulis atau terekam. Serta disebut penelitian lapangan, karena peneliti harus terjun langsung kelapangan. Penelitian harus memiliki pengetahuan tentang kondisi, situasi dan pergolakan hidup partisipan masyarakat yang diteliti. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian Peran LSM adalah salah satu bagian yang memiliki peranan penting didalam struktur kemasyarakatan, dimana jika salah satu struktur itu tidak berjalan maka akan menggangu jalannya struktur secara keseluruhan, maka dengan berjalannya fungsi dari LSM yakni dalam hal ini perberdayaan dalam masyarakat akan memberikan pengaruh terhadap pencapaian tujuan kesejahteraan masyarakat. BFLF (Blood for life foundation) sebagai suatu wadah yang menampung masyarakat kurang mampu atau yang ekonominya menengah kebawah yang ingin berobat ke kota dan tidak memiliki tempat tinggal, peran BFLF (Blood for life foundation) disini sebagai rumah singgah bagi pasien yang tidak mampu dan adapun pasien yg datang ke rumah singgah ini BFLF (Blood for life foundation) akan memberikan tempat gratis 1 kamar 1 pasien dan 1 pendamping dan kita juga berikan fasilitas tempat tidur yang memadai, dapur tempat memasak bersama, dan makan juga diberikan gratis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ridwan Arif Ridwan
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:04
Last Modified: 09 Mar 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20159

Actions (login required)

View Item
View Item