Metode Komunikasi Kelompok Masyarakat Terhadap Kepala Desa Dalam Upaya Realisasi Penggunaan Dana Desa Di Gampong Penampaan Uken Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues

Herizal Ramadan, 170401009 (2022) Metode Komunikasi Kelompok Masyarakat Terhadap Kepala Desa Dalam Upaya Realisasi Penggunaan Dana Desa Di Gampong Penampaan Uken Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Metode Komunikasi Kelompok Masyarakat Terhadap Kepala Desa Dalam Upaya Realisasi Penggunaan Dana Desa Di Gampong Penampaan Uken Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues]
Preview
Text (Metode Komunikasi Kelompok Masyarakat Terhadap Kepala Desa Dalam Upaya Realisasi Penggunaan Dana Desa Di Gampong Penampaan Uken Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues)
Herizal Ramadan, 170401009, FDK, KPI, 082274957626.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Metode Komunikasi Kelompok Masyarakat Terhadap Kepala Desa dalam Upaya Realisasi Penggunaan Dana Desa di Gampong Penampaan Uken Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues”. Rumusan masalahnya terdiri atas (1) bagaimana metode komunikasi kelompok masyarakat terhadap kepala Desa dalam upaya realisasi penggunaan Dana Desa, (2) faktor apa saja pendukung dan penghambat metode komunikasi kelompok masyarakat tersebut. Dengan tujuan untuk mengetahui metode komunikasi kelompok masyarakat, faktor pendukung maupun penghambat metode komunikasi, sebagaimana rumusan masalah metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan fenomena yang didapatkan dan dihasilkan di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi langsung, poto dokumentasi serta wawancara narasumber yang dianggap tepat dalam memberikan informasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan adanya metode komunikasi kelompok masyarakat terhadap Kepala Desa, yang menggunakan metode komunikasi informatif dimana masyarakatnya menyampaikan pesannya kepada kepala desa tentang hal-hal seputar realisasi dana desa juga berulang-ulang memberikan informasi serta arahan kepada kepala desa untuk selalu memberikan arahan untuk selalu memberikan informasi yang transparan terkait dana desa untuk menjaga nama baik gampog dan persuasif meyakinkan orang lain dengan cara membujuk segingga orang tersebut terpengaruh terhadap apa yang ia inginkan pada metode ini masyarakat selalu mempersuasipkan kepada kepala desa untuk bangkit dari kemiskinan. Hambatan yang dikaji adalah masyarakatnya dimana masih kurangnya metode komunikasi pada saat menyampaikan pesan, sikap perasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencari informasi lebih lanjut terkait perealisasian dana desa tersebut dimana banyaknya masyarakat hanya mementingkan kepentingan diri sendiri dengan langsung mendatangi Kepala Desa untuk menanyakan terkait penggunaan realisasi Dana Desa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Komunikasi, Kelompok Masyarakat, Kepala Desa, Realisasi Dana Desa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Herizal Ramadan
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:23
Last Modified: 09 Mar 2022 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20172

Actions (login required)

View Item
View Item