Tranformasi Perilaku Keagamaan Masyarakat Melalui Ruqiyah Syar’iyyah (Studi Kasus Gampong Sapik Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan)

Barkiyah, 160305048 (2021) Tranformasi Perilaku Keagamaan Masyarakat Melalui Ruqiyah Syar’iyyah (Studi Kasus Gampong Sapik Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Tranformasi Perilaku Keagamaan Masyarakat Melalui Ruqiyah Syar’iyyah (Studi Kasus Gampong Sapik Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan)]
Preview
Text (Tranformasi Perilaku Keagamaan Masyarakat Melalui Ruqiyah Syar’iyyah (Studi Kasus Gampong Sapik Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan))
Barkiyah, 160305048, FUF, SA, 085260759668.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ruqyah Syar’iyyah ialah suatu upaya penyembuhan atau pengobatan terkena sihir maupun kesurupan jin yang dilakukan oleh seorang muslim dengan memohon kepada Allah Swt akan kesembuhan untuk dirinya maupun orang lain dengan membaca ayat-ayat al-qur’an dan do’a-do’a yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Transformasi Perilaku Keagamaan Masyarakat Gampong Sapik melalui Ruqyah Syar’iyyah ? Bagaimana Dampak Ruqyah Syar’iyyah Terhadap Perilaku Keagamaan Gampong Sapik Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan ?. Tujuan yang ingin didapat dari penelitian ini adalah : Untuk Mengetahui Transformasi Perilaku Keagamaan Masyarakat Gampong Sapik melalui Ruqyah Syar’iyyah. Untuk mengetahui Dampak Ruqyah Syar’iyyah Terhadap Perilaku Keagamaan Gampong Sapik Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Adapun penelitian ini menggunakan teori perilaku keagamaan dan metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di peroleh berupa : Transformasi perilaku keagamaan masyarakat Gampong Sapik melalui ruqyah Syar’iyyah sangat baik, terlihat dari sifat, akhlak dan kepribadian mereka yang telah melakukan pengobatan secara rukyah syar’iyah memiliki perubahan yang lebih baik dari mereka yang suka menyendiri, terasingkan atau berbeda dari yang lain sehingga bisa berbaur dan berkumpul di tengah-tengah masyarakat dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Transformasi perilaku keagamaan dan Ruqyah Syar’iyyah
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Barkiyah Barkiyah
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:24
Last Modified: 09 Mar 2022 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20174

Actions (login required)

View Item
View Item