Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Di Gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang

Reski Arjuliadi, 160802008 (2022) Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Di Gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Di Gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang]
Preview
Text (Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Di Gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang)
Reski Arjuliadi, 160802008, FISIP, IAN, 085359678125.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Adanya Undang Undang No. 6 Tahun 2014 memberi kesempatan desa untuk mengurus tata kelola pemerintahannya sendiri, termasuk didalamnya pengelolaan keuangan desa. Pengelolaan keuangan desa sendiri terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Untuk mendukung pengelolaan keuangan desa yang efektif dan efisien maka pemerintah melalui Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Ditjen Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri bekerjasama membuat sebuah aplikasi yang disebut Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Dimana Siskeudes ini dirancang dan mengacu pada Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di Gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi Siskeudes di Gampong Cot Ba’u Kecamatan Sukajaya Kota Sabang sudah sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Dimana seluruh tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan hingga pertanggungjawaban telah terimplementasi dengan baik. Pelaporan keuangan Gampong Cot Ba’u juga menjadi lebih efektif dan efisien dengan menerapkan aplikasi Siskeudes. Namun dalam prosesnya terdapat kendala yang dihadapi yaitu sistem terkadang tidak support dan error, kurangnya pelatihan dan bimbingan teknis langsung serta harus hati-hati dalam menginput data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi Siskeudes sangat membantu aparatur gampong dalam mengelola keuangan dan membuat laporan pertanggungjawaban, meskipun terdapat beberapa kendala dalam proses pengoperasiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Keuangan Desa, dan Aplikasi Siskeudes
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Reski Arjuliadi
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:40
Last Modified: 09 Mar 2022 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20177

Actions (login required)

View Item
View Item