Hubungan Persepsi Teacher Support dengan Student Engagement pada Siswa SMA Negeri 1 Sabang

Devi Rahmadhani, 170901054 (2021) Hubungan Persepsi Teacher Support dengan Student Engagement pada Siswa SMA Negeri 1 Sabang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Persepsi Teacher Support dengan Student Engagement]
Preview
Text (Persepsi Teacher Support dengan Student Engagement)
DEVI RAHMADHANI, 170901054, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Adanya hubungan interpersonal yang positif antara guru dan siswa merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi perilaku student engagement di sekolah. Perilaku student engagement yang dimunculkan berupa keterlibatan siswa dalam bentuk perilaku, emosi dan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi teacher support dan student engagement pada siswa SMA Negeri 1 Sabang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel berdasarkan teknik proportioned stratified random sampling. Jumlah populasi penelitian sebanyak 572 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 215 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala teacher support dengan hasil reliabilitas rix= 0,909 dan skala student engagement dengan hasil reliabilitas rix= 0,888 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara teacher support dengan student engagement pada siswa SMA Negeri 1 Sabang dengan nilai koefisien korelasi pearson r=0,58, p=0,000(p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara teacher support dengan student engagement pada siswa SMA Negeri 1 Sabang. Artinya, semakin tinggi teacher support maka semakin tinggi student engagement, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Devi Rahmadhani Devi
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:47
Last Modified: 09 Mar 2022 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20181

Actions (login required)

View Item
View Item