Perbedaan Happiness Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin pada Mahasiswa Paguyuban Persatuan Mahasiswa Bener Meriah dan Takengon (Permata) di Banda Aceh

Setiye Fitri, 170901097 (2021) Perbedaan Happiness Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin pada Mahasiswa Paguyuban Persatuan Mahasiswa Bener Meriah dan Takengon (Permata) di Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perbedaan Happiness Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin]
Preview
Text (Perbedaan Happiness Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin)
Setye Fitri, 170901097, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Happiness (kebahagiaan) merupakan hal yang paling penting dan semestinya ada dalam diri setiap orang, tidak terkecuali pada mahasiswa. Kebahagiaan mahasiswa dapat meliputi kebahagiaan secara lahir maupun bathin, hal tersebut berhubungan langsung dengan suasana hati serta emosi seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan happiness ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa Paguyuban persatuan mahasiswa Bener Meriah-Takengon (PERMATA) di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparasi. Alat ukur penelitian ini yaitu skala Happiness dari teori Seligman (2009) dan angket jenis kelamin. Jumlah populasi adalah sebanyak 200 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 150. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Reliabilitas pada penelitian ini 0,984. Hasil penelitian menunjukkan Happiness pada nilai t-test -9,562., p = 0.000 hal ini menandakan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara happiness (kebahagiaan) laki-laki dan perempuan pada mahasiswa Paguyuban Persatuan Mahasiswa Bener Meriah dan Takengon (PERMATA) di Banda Aceh, yang mana mahasiswa perempuan lebih bahagia dibandingkan laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Setiye Fitri Setiye
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:47
Last Modified: 09 Mar 2022 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20183

Actions (login required)

View Item
View Item