Peran Agama Dalam Meningkatkan Spiritualitas Masyarakat Di Masa Pandemi Menuju New Normal

Irfan Sukardi, 170302027 (2021) Peran Agama Dalam Meningkatkan Spiritualitas Masyarakat Di Masa Pandemi Menuju New Normal. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Agama Dalam Meningkatkan Spiritualitas Masyarakat]
Preview
Text (Peran Agama Dalam Meningkatkan Spiritualitas Masyarakat)
Setye Fitri, 170901097, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peran agama sangat penting bagi umat manusia. Munculnya Covid-19 merupakan awal dari pergeseran terhadap ibadah dan perilaku masyarakat. Sangat menarik untuk mengkaji lebih jauh tentang ibadah dan perilaku sosial keagamaan masyarakat. Dalam penelitian ini, fokus peneliti adalah Islam dan Katolik. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran tokoh agama dalam meningkatkan spiritualitas ibadah masyarakat dan perilaku masyarakat pada masa pandemi di Desa Peunayong Kota Banda Aceh.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) penulis menganalisis dan mengamati secara langsung kenyataan yang terjadi di lokasi penelitian di gampong peunayong, dengan mengumpulkan data, serta mengamati dan mewawancarai beberapa responden sesuai dengan penelitian. Teknik penulisan dengan panduan skripsi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Uin Ar-Raniry Banda Aceh 2017.
Hasil analisis menunjukkan bahwa peran agama melalui pencerahan tokoh agama kepada masyarakat selama kondisi Covid-19 mengakibatkan ibadah harus menjaga jarak, dan menjauhi keramaian, serta membatasi aktivitas masyarakat untuk langkah kehidupan yang baru dan mengubah kebiasaan lama menuju New Normal untuk mengakhiri wabah covid -19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.1 Islam dan Filsafat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Irfan Sukardi Irfan
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:47
Last Modified: 09 Mar 2022 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20185

Actions (login required)

View Item
View Item