Analisis Promo Berbentuk Cashback Menggunakan Sistem Pembayaran Go-Pay Perspektif Akad Wadi’ah (Studi Kasus Pada Perusahaan Gojek Cabang Banda Aceh)

Isra Firdaus Yoesoef, 160102176 (2022) Analisis Promo Berbentuk Cashback Menggunakan Sistem Pembayaran Go-Pay Perspektif Akad Wadi’ah (Studi Kasus Pada Perusahaan Gojek Cabang Banda Aceh). Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Promo Berbentuk Cashback Menggunakan Sistem Pembayaran Go-Pay Perspektif Akad Wadi’ah (Studi Kasus Pada Perusahaan Gojek Cabang Banda Aceh)]
Preview
Text (Analisis Promo Berbentuk Cashback Menggunakan Sistem Pembayaran Go-Pay Perspektif Akad Wadi’ah (Studi Kasus Pada Perusahaan Gojek Cabang Banda Aceh))
Isra Firdaus Yoesoef, 160102176, FSH, HES, 085157519983.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gojek sebagai perusahaan penyedia jasa transportasi online yang sudah berdiri sejak tahun 2010. Gojek memiliki metode pembaran tunai maupun non tunai (Go-Pay). Banyaknya promo cashback yang diberikan oleh Gojek merupakan salah satu bentuk strategi untuk menarik pelanggannya. Gojek memberikan cashback hanya kepada setiap pelanggan yang menggunakan Go-Pay sebagai pembayaran di aplikasi Gojek maupun di luar aplikasi Gojek. Hal ini menarik untuk diteliti, bagaimana keabsahan pemberian cashback kepada pelanggan saat melakukan pembayaran menggunakan Go-Pay dalam perspekif akad wadi’ah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mekanisme promo cashback yang diberikan oleh perusahaan Gojek, dan bagaimana tinjauan akad wadi’ah terhadap promo cashback saat melakuka pembayaran menggunakan sistem Go-Pay. Penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis berdasarkan data yang di peroleh dari hasil wawancara dengan pihak driver Gojek dan pelanggan Gojek di daerah Banda Aceh. Hasil dari penelitian ini adalah boleh mendapatkan cashback yang diberikan oleh pihak Gojek. itu sama seperti sedekah dari pihak penjaga kepada pemberi titipan. Gojek juga harus menjamin keselamatan uang yang diberikan kepada Bank Indonesia untuk dikelola karena pelanggan hanya menginginkan penjagaan dari pihak Gojek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Husni Mubarrak., Lc., MA 2. Nahara Eriyanti. S.Hi., MH
Uncontrolled Keywords: Cashback, Gojek, Go-Pay, Wadi’ah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.234 Wadi'ah (Menitipkan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Isra Firdaus Yoesoef
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:15
Last Modified: 10 Mar 2022 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20189

Actions (login required)

View Item
View Item