Penerapan Model Inside Outside Circle (IOC) pada Mata Pelajaran Fikih untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Aceh Selatan

Nurul Hadia, 170201101 (2021) Penerapan Model Inside Outside Circle (IOC) pada Mata Pelajaran Fikih untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan  Model  Inside  Outside  Circle  (IOC)  pada Mata Pelajaran Fikih untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Aceh Selatan]
Preview
Text (Penerapan Model Inside Outside Circle (IOC) pada Mata Pelajaran Fikih untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Aceh Selatan)
Nurul Hadia, 170201101, FTK, PAI, 081264960459.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar di MIN 4 Aceh Selatan umumnya pembelajaran yang dilakukan lebih berpusat kepada guru, dimana guru hanya menggunakan satu metode saja, seperti metode ceramah, sehingga berakibat kepada siswa menjadi pasif dan kurang bersemangat dalam dalam bealajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar yang rendah. Adapun latar belakang dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 4 Aceh Selatan pada mata pelajaran fikih materi bersuci dari hadas besar dan mandi wajib dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V MIN 4 Aceh Selatan setelah menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) pada mata pelajaran fikih materi bersuci dari hadas besar dan mandi wajib. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik dan instrument penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan soal Post Test siswa. Analisis data pada penelitian menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I adalah 78% dan pada siklus II memperoleh 97%, sedangkan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran pada siklus I adalah 69% dan siklus II sebanyak 94%. Hasil Post Test siswa pada siklus I memperoleh 62% dan siklus II sebanyak 92%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) pada mata pelajaran fikih materi bersuci dari hadas besar dan mandi wajih dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 4 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Inside Outside Circle (IOC), Mata Pelajaran Fikih, dan Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Hadia Nurul Hadia
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:52
Last Modified: 10 Mar 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20191

Actions (login required)

View Item
View Item