Struktur Komunitas Fitoplankton Pada Beberapa Situ Di Kabupaten Aceh Tengah Sebagai Penunjang Praktikum Limnologi

Oza Athifah, 160207079 (2022) Struktur Komunitas Fitoplankton Pada Beberapa Situ Di Kabupaten Aceh Tengah Sebagai Penunjang Praktikum Limnologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Struktur Komunitas Fitoplankton Pada Beberapa Situ Di Kabupaten Aceh Tengah Sebagai Penunjang Praktikum Limnologi]
Preview
Text (Struktur Komunitas Fitoplankton Pada Beberapa Situ Di Kabupaten Aceh Tengah Sebagai Penunjang Praktikum Limnologi)
Oza Athifah, 160207079, FTK, PBL, 08.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (40MB) | Preview

Abstract

Situ di Kabupaten Aceh Tengah merupakan perairan di daratan yang relatif tidak luas. Beberapa Situ di Kabupaten Aceh Tengah telah terjadi perubahan tata guna lahan dan berbagai aktivitas masyarakat yang berdampak terhadap kehidupan fitoplankton. Fitoplankton merupakan organisme yang berperan sebagai produsen primer perairan, dapat dijadikan indikator untuk mengevaluasi kualitas dan tingkat kesuburan perairan pada beberapa Situ di Kabupaten Aceh Tengah. Oleh karena itu perlu adanya pengkajian tentang struktur komunitas fitoplankton pada beberapa Situ di Kabupaten Aceh Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis struktur komunitas fitoplankton, indeks similaritas fitoplankton, kolerasi faktor fisik lingkungan dengan keberadaan fitoplankton, uji kelayakan, respon mahasiswa terhadap modul praktikum dan buku yang dihasilkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode Purposive Sampling pengambilan sampel fitoplankton pada 3 stasiun sampling menggunakan metode Filtering (penyaringan) dengan plankton-net. Hasil pengamatan struktur komunitas fitoplankton pada beberapa Situ termasuk kategori stabil, nilai kolerasi fitoplankton terhadap suhu, pH, dan DO pada beberapa Situ di kabupaten Aceh Tengah yang memiliki nilai kolerasi tertinggi adalah Kolerasi pH terhadap keberadaan fitoplankton di Situ Pinangan dengan kategori kuat. Nilai indeks similaritas Fitoplankton pada Beberapa Situ di Kabupaten Aceh Tengah pada Situ Ayu dengan Situ Paya Kude Kude memiliki nilai indeks similaritas 60% termasuk dalam kategori tinggi sedangkan pada Situ lainnya termasuk dalam kategori rendah. Hasil uji kelayakan terhadap modul praktikum dan buku jenis fitoplankton diperoleh skor penilaian kategori sangat layak untuk modul oleh ahli media dan kategori layak oleh ahli materi, sedangkan hasil uji kelayakan buku identifikasi diperoleh skor penilaian sangat layak. Respon mahasiswa terhadap modul praktikum dan buku jenis fitoplankton diperoleh total presentase 80% dengan kategori sangat tinggi, dapat diambil kesimpulan modul praktikum dan buku jenis fitoplankton dalam perairan Situ di Kabupaten Aceh Tengah layak digunakan sebagai penunjang praktikum Limnologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Oza Athifah
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:54
Last Modified: 10 Mar 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20193

Actions (login required)

View Item
View Item