Analisis Kritis Dekadensi Moral MTsN 1 Aceh Selatan

Resti Apriliharza, 170201130 (2021) Analisis Kritis Dekadensi Moral MTsN 1 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kritis Dekadensi Moral MTsN 1  Aceh Selatan]
Preview
Text (Analisis Kritis Dekadensi Moral MTsN 1 Aceh Selatan)
Resti Apriliharza, 170201130, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Dekadensi moral bermakna sebuah tindakan di mana seseorang tersebut berperilaku baik kemudian cenderung menjadi tidak baik. Hal ini terjadi disebabkan oleh beberapa penyebab berupa lingkungan (keluarga, masyarakat, sekolah), kurangnya pendidikan agama, pengaruh media dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk dekadensi moral, penyebabnya, upaya dalam mengatasi serta hambatan dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dengan sampel sebanyak 25 orang siswa, 5 orang guru kelas, 1 orang bidang kesiswaan dan 1 orang kepala sekolah, data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa: bentuk-bentuk dekadensi moral terbagi atas tiga yaitu kenakalan melawan status berupa pada etika tata krama dan pergaulan, kenakalan tindak kriminal berupa etika dalam pergaulandan kenalakalan tindak sosial. Hambatanya tidak adanya kesadaran dari dalam diri dan dorongan dari orang tua untuk melakukan perubahan, munculnya media dan teknologi yang semakin canggih serta diikuti oleh budaya asing yang tidak dapat dibendungi. Solusinya melakukan pembinaan dengan membekali nilai kegamaan, bekerja sama dengan kedua orang tua dalam melakukan pengawasan dan memberikan perhatian. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi dekadensi moral yaitu dengan memberikan pembekalan dan pemahaman tentang nilai-nilai keagamaan serta mengajak orang tua ikut serta dalam pembinaan serta membentuk Akhlak dan tingkah pada anak, melakukan pembinaan aspek psikologis (mental) pada anak dengan mengajarkan tentang pemahaman agama yan tepat, agar dapat menjalani masalah yang dilaluinya dengan tepat, dan upaya untuk menyadarkan dirinya kembali atas tindakkan yang telah dilakukannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Resti Apriliharza Resti
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:32
Last Modified: 10 Mar 2022 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20201

Actions (login required)

View Item
View Item