Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya

Ela Yunita, 160403031 (2022) Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya]
Preview
Text (Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya)
Ela Yunita, 160403031, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Program keluarga harapan (PKH) adalah program pemberi bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan, fasilitas layanan pendidikan, pangan dan gizi, termasuk akses berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan. Penelitian ini berjudul “Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hak dan kewajiban penerima bantuan PKH, untuk mengetahui implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam penanggulangan kemiskinan di Kecamatan Tripa Makmur, dan untuk mengetahui program bantuan PKH tersalurkan menyeluruh di Kecamatan Tripa Makmur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, jenis penelitian ini adalah (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan. Menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan secara tepat sifat-sifat individu keadaan, gejala, atau kelompok dalam masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat merasa terbantu dengan adanya bantuan dari PKH, masyarakat juga memenuhi hak dan kewajiban sebagai penerima bantuan PKH walaupun belum sepenuhnya terlaksana dengan sempurna, dan bantuan untuk saat ini juga sudah tersalurkan dan diterima dengan baik oleh penerima bantuan, walaupun belum menyeluruh karna masih adanya penerima yang tidak tepat sasaran yang diakibatkan oleh keterlambatan dalam mengupdate data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Ela Yunita
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:05
Last Modified: 11 Mar 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20227

Actions (login required)

View Item
View Item