Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di MIN 22 Aceh Besar

Cut Rilma Fadhilah, 170209084 (2021) Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di MIN 22 Aceh Besar. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa  di MIN 22 Aceh Besar]
Preview
Text (Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di MIN 22 Aceh Besar)
Cut Rilma Fadhilah, 170209084, FTK, PGMI, 082370506546.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, penulis melihat masih ada beberapa siswa di MIN 22 Aceh Besar yang berkarakter disiplin masih kurang. Sehingga penulis ingin meneliti mengenai penyebab hal tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka menjadi rumusan pada masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana peran guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MIN 22Aceh Besar. (2) Bagaimana karakter disiplin siswa di MIN 22 Aceh Besar. (3) Apa saja faktor penghambat dan solusi dalam pembentukan karakter disiplin di MIN 22 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Researc). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan solusi dalam pembentukan karakter disiplin di MIN 22 Aceh Besar. Obeservasi dilakukan untuk mengetahui karakter disiplin siswa di MIN 22 Aceh Besar dan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MIN 22 Aceh Besar. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru MIN 22 Aceh Besar sudah menerapkan perannya dalam pembentukan karakter disiplin siswa dengan baik. Sebagaimana karakter disiplin siswa MIN 22 Aceh Besar dengan diperoleh hasil persentase 66% pada kategori baik dan karakter tidak disiplin 44% pada kategori kurang baik. Faktor penghambat berupa daridiri siswa dan orang tua. Adapun solusinya yaitu dengan menerapkan pembinaan-pembinaan untuk membentukan karakter disiplin siswa di MIN 22 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pemimbing I : Al Juhra, S.Sos.I, M.S.I Pembimbing II : Raihan Permata Sari, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembentukan Karakter, Disiplin
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Rilma Fadhilah
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:20
Last Modified: 11 Mar 2022 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20229

Actions (login required)

View Item
View Item