Hubungan Kepuasan Pemustaka Dengan Peranan Pustakawan Sebagai Penyedia Informasi Di Perpustakaan Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Ananda Raudah Mauliza, 190503150 (2022) Hubungan Kepuasan Pemustaka Dengan Peranan Pustakawan Sebagai Penyedia Informasi Di Perpustakaan Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Hubungan Kepuasan Pemustaka Dengan Peranan Pustakawan Sebagai Penyedia Informasi Di Perpustakaan Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh]
Preview
Text (Hubungan Kepuasan Pemustaka Dengan Peranan Pustakawan Sebagai Penyedia Informasi Di Perpustakaan Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh)
Ananda Raudah Mauliza, 190503150, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini Kepuasan Pemustaka Terhadap Peranan Pustakawan Sebagai Penyedia Informasi di Perpustakaan Universitas Bina Bangsa Getsempena. Rumus masalah pada penelitian ini adalah apakah pemustaka puas terhadap layanan informasi yang disediakan oleh pemustaka dan juga bagaimana peran pustakawan dalam menyediakan informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pustakawan sebagai penyedia informasi dan juga untuk mengetahui kepuasan pemustaka dalam menemukan informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Bina Bangsa Getsempena dengan teknik Probability sampling dan sampel sebanyak 95 orang anggota pemustaka. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak positif antara kepuasan pemustaka terhadap peranan pustakawan sebagai penyedia informasi di Perpustakaan Universitas Bina Bangsa. Hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi r sebesar 0,513 yang berarti kepuasan pemustaka memiliki hubungan yang cukup atau sedang antara variabel X dan variabel Y. Untuk menguji korelasi, perlu dibandingkan antara thitung dengan ttabel dengan menggunakan rumus df= n- k (95 – 2= 93). Dari tabel nilai “t” dapat diketahui bahwa dengan df sebesar 95 diperoleh nilai “t” nya pada taraf signifikan 5% = 1,985 dan ternyata nilai koefisien sebesar 3,559 adalah jauh lebih besar dari ttabel yang besarnya 1,985, maka dari itu kepuasan pemustaka berkaitan terhadap peranan pustakawan sebagai penyedia informasi di Perpustakaan Bina Bangsa Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Ananda Raudah Mauliza
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:06
Last Modified: 11 Mar 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20230

Actions (login required)

View Item
View Item