Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa di MTsS Al-Furqan Bambi

Inda Nazira, 170205043 (2021) Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa di MTsS Al-Furqan Bambi. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)  untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa di MTsS Al-Furqan Bambi]
Preview
Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa di MTsS Al-Furqan Bambi)
Inda Nazira, 170205043, FTK, PMA, 085218669942.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika, karena dengan memahami sebuah konsep peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran matematika tersebut. Model Think Pair Share merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Karena model ini memiliki 3 tahapan yaitu thinking (berpikir), pairing (berpasangan) dan sharing (berbagi). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada kelas VII MTsS Al-Furqan Bambi dan (2) mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VII MTsS Al-Furqan Bambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berdesain Non Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling Class. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Al-Furqan Bambi. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu VII_1 sebagai kelas eksperimen dan VII_2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara keseluruhan, rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa eksperimen dalam kategori “Rendah” dan (2) Setelah pengolahan data statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung= 1,881 dan t_tabel= 1,684. Maka t_hitung > t_tabel. Hal ini berarti bahwa terima H_1dan tolak H_0. Berdasarkan hasil uji-t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pembelajaran konvensional pada kelas VII MTsS Al-Furqan Bambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zulkifli, M. Pd. pembimbing II : Cut Intan Salasiyah, S. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, Model Think Pair Share (TPS)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Inda Nazira
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:13
Last Modified: 11 Mar 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20244

Actions (login required)

View Item
View Item