Implementasi Khiyar Ta’yin Pada Transaksi Pembelian Produk Elektronik Secara Online Dalam Perspektif Hukum Islam ( Studi Tentang Testimoni dan Komentar User Pada Marketplace Shopee)

Riyan Auliyanda Safrizal, 180102113 (2021) Implementasi Khiyar Ta’yin Pada Transaksi Pembelian Produk Elektronik Secara Online Dalam Perspektif Hukum Islam ( Studi Tentang Testimoni dan Komentar User Pada Marketplace Shopee). Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Implementasi Khiyar Ta’yin Pada Transaksi Pembelian Produk Elektronik Secara Online Dalam Perspektif Hukum Islam ( Studi Tentang Testimoni dan Komentar User Pada Marketplace Shopee)]
Preview
Text (Implementasi Khiyar Ta’yin Pada Transaksi Pembelian Produk Elektronik Secara Online Dalam Perspektif Hukum Islam ( Studi Tentang Testimoni dan Komentar User Pada Marketplace Shopee))
Riyan Auliyanda Safrizal, 180102113, FSH, HES, 081359967851.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hak khiyar yang memberikan informasi spesifik terkait produk yang sejenis namun berbeda kualitas adalah khiyar ta’yin. Pada praktiknya dalam pemebelian produk elektronik pada marketplace Shopee, tersedia kolom komentar dan testimoni yang memuat berbagai pengalaman konsumen terkait produk elektronik yang telah mereka beli sebelumnya dalam kolom komentar dan testimoni tersebut juga terdapat ulasan terkait informasi produk baik dari segi kualitas dan lain sebagainya, namun banyak konsumen yang menggunakan testimoni dan komentar sebagai referensi merasa tertipu dalam hal kualitas produk karena tidak sesuai dengan isi keterangan yang diberikan dalam ulasan testimoni dan komentar pada marketplace Shopee, dengan demikian penulis ingin mengetahui tentang tinjauan hukum Islam terhadap implementasi khiyar ta’yin pada transaksi pembelian produk elektronik pada marketplace Shopee, permasalahan dalam skripsi ini adalah ; (1) Bagaimana testimoni dan komentar dapat menjadi referensi calon konsumen dalam pembelian produk elektronik pada marketplace Shopee ? (2) Bagaimana penjelasan kualitas dan spesifikasi produk elektronik dalam bentuk ulasan testimoni dan komentar pada marketplace Shopee ? (3) Bagaimana tinjauan konsep khiyar ta’yin terhadap testimoni dan komentar sebagai referensi calon konsumen dalam pembelian produk elektronik pada marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan analisis deskriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan melihat kembali hasil wawancara yang telah dikumpulkan , lalu melakukan pengolahan data melalui proses penyuntingan. Penulis menyimpulkan bahwa implementasi khiyar ta’yin dalam bentuk ulasan testimoni dan komentar dalam pembelian produk elektronik pada marketplace Shopee belum sepenuhnya sesuai dengan hukum Islam. Dikarenakan konsumen tidak menggunakan testimoni dan komentar sebagai referensi utama dalam melakukan pembelian produk elektronik karena adanya keraguan terhadap isi testimoni dan komentar, informasi terkait kualitas dan spesifikasi produk yang diberikan dalam bentuk testimoni dan komentar sering bertolak belakang dengan fakta sebenarnya dari barang yang sudah dibeli konsumen sehingga hal ini merugikan konsumen secara finansial, batas waktu khiyar ta’yin yang diberikan oleh pihak Shopee adalah 12 hari terhitung dari saat produk tersebut dikirimkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Armiadi S. Ag., MA Pembimbing II : Azmil Umur, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Khiyar Ta’yin, Produk Elektronik
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.211 Salam (Pemesanan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Riyan Auliyanda Safrizal
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:13
Last Modified: 11 Mar 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20245

Actions (login required)

View Item
View Item