Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Aceh Besar Di Masa Pandemi Covid 19

Putri Purnama Sari, 170401047 (2021) Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Aceh Besar Di Masa Pandemi Covid 19. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Aceh Besar Di Masa Pandemi Covid 19]
Preview
Text (Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Aceh Besar Di Masa Pandemi Covid 19)
Putri Purnama Sari, 170401047, FDK, KPI, 085361399666.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Aceh Besar Di Masa Pandemi Covid 19”. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Aceh Besar di masa pandemi covid-19. (2) Apa saja hambatan yang ditemukan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dilapangan dalam proses pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan UMKM di masa pandemi dan untuk mengetahui apa saja hambatan yang ditemukan para pelaku UMKM dalam proses pemasaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Integrated Marketing Communication (IMC). Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi teknik observasi, wawancara dan dokumnetasi, serta dilakukannya teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kabupaten Aceh Besar dalam melakukan komunikasi pemasaran hanya menerapkan lima strategi yakni promosi penjualan, penjualan personal, pemasaran langsung, digital marketing dan pemasaran melalui mulut ke mulut. Dalam hal ini periklanan dan hubungan masyarakat belum dilakukan dalam proses pemasaran. Dan hambatan yang ditemukan dalam proses pemasaran dimasa pandemi covid-19 ini meliputi hambatan kemampuan SDM, Komunitas, Jenis Produk dan juga hambatan waktu dan tempat. Serta dengan menerapkan strategi dari IMC ini pelaku UMKM lebih meraih pendapatan yang lebih baik, karena dalam hal ini mereka berusaha untuk memasarkan produk kepada khalayak dengan berbagai strategi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pemasaran, UMKM, Pandemi, Covid-19.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Purnama Sari
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:17
Last Modified: 11 Mar 2022 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20247

Actions (login required)

View Item
View Item