Riska Julita, 170209061 (2021) Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.
Riska Julita, 170209061, FTK, PGMI, 082272888225.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, penulis melihat nilai kepedulian sosial pada siswa masih kurang. Sehingga penulis ingin meneliti penyebab dari hal tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru dalam penanaman karakter peduli sosial siswa MIN 20 Aceh Besar (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat serta solusi guru dalam penanaman karakter peduli sosial siswa MIN 20 Aceh Besar (3) Bagaimana karakter peduli sosial siswa di lingkungan MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru kelas untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta solusi guru dalam penanaman karakter peduli sosial siswa MIN 20 Aceh Besar. Observasi dilakukan untuk mengetahui peran guru dalam penanaman karakter peduli sosial pada siswa MIN 20 Aceh Besar dan karakter peduli sosial siswa di lingkungan MIN 20 Aceh Besar. Dokumentasi dengan mengambil foto secara langsung. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa guru MIN 20 Aceh Besar telah melakukan perannya dalam penanaman karakter peduli sosial dengan baik. Peran tersebut sudah sesuai dengan teori peran. Faktor yang pendukung dalam penanaman karakter peduli sosial pada siswa adalah lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat juga berasal dari keluarga. Karakter peduli sosial pada siswa di lingkungan MIN 20 Aceh Besar sudah baik, hal tersebut dapat dilihat bahwa 60% siswa sudah memiliki karakter peduli sosial dan hanya 40% siswa yang memiliki karakter peduli sosial kurang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Al Juhra, S.Sos.I., M.S.I. Pembimbing II : Hafidh Maksum, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Karakter Peduli Sosial |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Riska Julita |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 03:20 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 03:20 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20248 |