Tahlilul Akhtha' Imla'iyyah Fii Kitabatii Hamzah Ladii at Thalibati bii Ma'had Darul Ihsan Aceh Besar ( Dirasah Washfiyyah Tahliliyyah )

Fitria Aini, 170202036 (2022) Tahlilul Akhtha' Imla'iyyah Fii Kitabatii Hamzah Ladii at Thalibati bii Ma'had Darul Ihsan Aceh Besar ( Dirasah Washfiyyah Tahliliyyah ). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Imla’ Pada Penulisan Hamzah Santriwati Darul Ihsan Aceh Besar]
Preview
Text (Analisis Kesalahan Imla’ Pada Penulisan Hamzah Santriwati Darul Ihsan Aceh Besar)
Fitria Aini, 170202036, FTK, PBA, 082273877546.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyak siswa yang tidak mampu dalam kecakapan yang memadai keempat keterampilan dalam bahasa Arab. Peneliti melihat bahwa keterampilan menulis adalah keterampilan bahasa yang paling sulit dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kesalahan untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan, terutama pada penulisan hamzah di awal kata (hamzah al-wasl dan al-qath’), hamzah di tengah, dan hamzah di akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan dalam penulisan hamzah dan penyebabnya di kalangan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas VIII pesantren Darul Ihsan yang berjumlah 122 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswi kelas VIII E. Instrumen penelitiannya adalah wawancara dan tes. Adapun dari hasil penelitian yang diperoleh terdapat bentuk kesalahan yaitu bentuk kesalahan dalam penulisan hamzah di awal kata sebanyak 149 kesalahan, yaitu hamzah al-wasl 22 kesalahan dan hamzah al-qath' 127 kesalahan, yaitu kurangnya hamzah al-wasl di fi’il madhi khumasi (19,3%), kurangnya hamzah al-wasl di masdar khumasi (16,1%), kurangnya hamzah al-wasl di fi’il amr tsulasi kata ganti kamu untuk perempuan (35,4%), kurangnya hamzah al-qath’ di kata benda (183,8%), kurangnya hamzah al-qath’ di huruf kecuali (alif lam) ( 167,7%), dan kurangnya hamzah qath' pada fi’il mudhari’ dengan kata ganti (saya) (58,0%). Dan kesalahan penulisan hamzah di tengah kata 42 kesalahan yaitu hamzah di atas huruf ya (16,1%), tidak adanya hamzah di atas waw (83,8%), tidak adanya hamzah di atas alif (9,67%), Hamzah tunggal (25,8%). Dan kesalahan penulisan hamzah di akhir 9 kesalahan, yaitu hamzah di akhir kata pada alif didahului dengan huruf fathah (29,0%), kurangnya hamzah pada baris huruf sebelumnya sukun (0%). Adapun Penyebab kesalahan dalam penulisan hamzah tersebut di kalangan siswi pesantren Darul Ihsan adalah karena mereka jarang mempelajari materi terutama tempat-tempat penulisan hamzah, karena tidak fokus saat mendengarkan, dan alasan lainnya adalah siswi tidak memahami dengan baik tentang cara-cara menulis hamzah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 170202036 Fitria Aini
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:42
Last Modified: 14 Mar 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20255

Actions (login required)

View Item
View Item